9+1 Cara Agar Anak Suka Membaca Buku!

agar anak suka membaca

Agar Anak Suka Membaca – Buku adalah sumber ilmu. Namun tidak semua orang suka membaca buku. Karena itulah, kegemaran membaca ini harus mulai dilatih sejak anak masih kecil.

Orang tua perlu memperkenalkan kepada mereka. Anak-anak juga perlu diajarkan bahwa membaca buku itu mengasyikkan. Dengan pemahaman ini maka mudah bagi anak untuk jatuh cinta membaca buku.

Rasa cinta perlu dibangun dan tidak datang begitu saja. Pun dengan buku.  Tak heran, kebiasaan menyukai buku jika sudah terbangun saat si kecil masih kanak, nantinya akan terus terbawa hingga mereka dewasa.

Apabila Anda ingin mengajarkan kepada anak-anak hobi membaca buku, maka ketahuilah cara membuat anak jatuh cinta dengan buku berikut ini:

 

1. Pilihkan Buku Sesuai Usianya

Untuk menumbuhkan rasa cinta anak-anak kepada buku, Anda bisa memulainya dengan cara memilihkan buku yang sesuai usia si kecil.

Memilihkan buku sesuai usia anak ini misalnya saat anak berusia di bawah 5 tahun, maka buku yang cocok untuk mereka adalah buku bergambar dengan sedikit teks.

Adapun anak yang berusia agak dewasa biasanya mereka menyukai buku-buku yang terdapat ‘sosok’ di dalamnya.

Untuk mengetahui apakah buku sesuai untuk usia si kecil atau tidak, maka Anda bisa mengecek isi di dalam buku.

 

2. Biarkan Mereka Memilih Sendiri

Saat membeli buku, berilah kesempatan anak-anak untuk memilih buku mereka sendiri. Hal ini supaya mereka termotivasi untuk memulai membaca apa yang menurut mereka menarik.

Biasanya, anak-anak akan memilih buku berdasarkan cover yang menurut mereka menarik. Tugas Anda adalah memastikan bahwa buku pilihan si kecil memang sesuai dengan usianya. Untuk mendapatkan buku-buku anak kualitas terbaik, tentu saja beli di Charissa Publisher, sebagai Penerbit Buku Anak terbaik di Indonesia.

3. Berikan Contoh

Mengajarkan anak dengan tauladan adalah yang cara paling efektif dalam mendidik. Ketika Anda ingin membuat si kecil jatuh cinta membaca buku maka Anda harus memberikan contoh bahwa Anda menyukai buku.

Anda bisa memulainya dengan sesekali memperlihatkan minat Anda membaca di depan anak-anak.

 

anak suka membaca buku

 

4. Saat Rewel, Jangan Kasih Gadget

Saat ini, banyak orang tua yang memilih mendiamkan anaknya yang menangis dengan memberikan mereka gadget. Apabila Anda ingin membuat si kecil jatuh cinta dengan buku, maka solusinya adalah berikan mereka buku saat rewel. Alihkan tangis mereka dengan menunjukkan gambar-gambar di buku yang membuat mereka tertarik dan berhenti merengek.

 

5. Bacakan Dongeng Sebelum Tidur

Cara yang lain untuk membuat anak jatuh cinta membaca buku adalah mengenalkan mereka buku. Caranya bisa dimulai dengan membacakan buku dongeng untuk mereka sebelum tidur.

Ingat bacakan buku dongeng, bukan cerita dari smpartphone Anda.

 

6. Ajak ke Perpustakaan

Sejak kecil biasakanlah mengajak Anak ke perpustakaan jika Anda menginginkan mereka jatuh cinta dengan buku. Namun untuk membuat mereka makin tertarik dengan buku, maka sebisa mungkin carilah perpustakaan yang ramah anak.

Di mana di situ terdapat buku-buku yang sesuai dengan usia mereka dan tempat membaca yang membuat mereka nyaman.

 

7. Pilihkan Topik yang Mereka Sukai

Cara selanjutnya agar anak suka membaca buku adalah dengan memilihkan buku berdasarkan apa yang menjadi minat si kecil akan membantunya untuk belajar jatuh cinta dengan buku.

Apabila anak Anda menyukai robot, maka untuk membuat mereka tertarik dengan buku, Anda bisa mencarikan mereka buku-buku tentang robot.

Jika si kecil telah terbiasa dengan buku, maka mereka akan terbiasa dan merasa tidak asing saat melihat buku-buku lain yang mungkin lebih berat.

 

8. Saat Selesai, Jelaskan Maksud Isi Buku

Saat membaca, anak mungkin akan menemukan kesulitan memahami isi bacaan. Karena itulah, saat mereka mulai membaca buku Anda bisa memancing mereka untuk menceritakan isi buku. Saat ada hal-hal yang ternyata belum dipahami anak, maka Anda bisa menjelaskan ke mereka maksud dari bacaan tersebut. Dengan cara ini, biasanya anak akan semakin antusias untuk membaca lagi.

 

9. Hubungkan Kisah

Cara selanjutnya agar anak suka membaca buku adalah dengan menghubungkan kisah. Saat Anak menghadapi suatu permasalahan Anda bisa menghubungkan yang terjadi dengan buku yang dimiliki si anak. Pun begitu pula sebaliknya. Saat Anak membaca buku, Anda bisa membahasnya bersama si kecil dan menghubungkan dengan kejadian yang ada di sekitar.

Ini sangat baik untuk membantu si kecil mengerti nilai moral yang ada di dalam buku. Selain itu juga akan mengajarkan kepada si kecil, ketika mereka menemukan suatu masalah, mungkin mereka bisa mencari solusinya dengan cara membaca buku.

 

10. Variasi Bacaan

Cara selanjutnya agar anak suka membaca buku adalah dengan melakukan variasi bacaan. Supaya anak tidak bosan, dan semakin jatuh cinta dengan buku, maka Anda dapat memberikan mereka variasi buku. Semisal, selama satu minggu, Anda telah memberikan mereka dongeng tentang binatang, maka minggu berikutnya, Anda bisa mencoba memberikan mereka buku-buku tentang sains.

Hal ini selain memperkaya pengetahuan mereka, juga mengenalkan pada mereka bahwa buku ada banyak jenisnya yang menarik untuk dibaca.

Ketika anak sudah tau hal ini, maka mudah bagi mereka untuk jatuh cinta dengan buku hingga mereka dewasa nanti.

Artikel Rekomendasi

Tinggalkan Balasan