9 Ide Aktivitas Ibu dan Anak yang Bikin Akrab Plus Baper!

Aktivitas Ibu dan Anak

Aktivitas Ibu dan Anak – Ada banyak manfaat bagi ibu dan anak ketika menghabiskan waktu bersama. Sejumlah manfaat tersebut di antaranya adalah meningkatkan ikatan antara ibu dan anak agar lebih erat.

Waktu-waktu kebersamaan antara ibu dan anak ini bisa menjadi momen yang sangat berharga bagi keduanya, dan masa-masa seperti ini tentunya jangan sampai terlewatkan begitu saja dengan aktivitas yang tak berfaedah.

Nah, apabila saat ini Anda tengah mencari aktivitas apa yang asyik dilakukan ibu dan anak, berikut ini sejumlah aktivitas yang cocok untuk dilakukan:

 

1. Membacakan Cerita

Salah satu aktivitas yang bisa dilakukan antara ibu dan anak adalah momen membacakan cerita.

Membacakan cerita si kecil ini memiliki sejumlah manfaat di antaranya meningkatkan perkembangan otak si kecil , membuatnya memiliki lebih banyak kosakata, dan yang terpenting memperat hubungan antara ibu dan anak.

Karena itulah sebaiknya orang tua tidak melewatkan momen ini. Saat yang tepat untuk membacakan cerita untuk si kecil di antaranya bisa dilakukan orang tua ketika malam hari sebelum tidur, atau bisa dilakukan saat-saat si kecil bermain di siang hari.

 

2. Memasak Bersama

Saat orang tua memasak di dapur, adakalanya si kecil ingin ikut membantu. Orang tua mungkin akan merasa terganggu. Namun sebenarnya momen memasak bersama adalah momen yang menyenangkan, loh.

Orang tua bisa mengajak si kecil melakukan hal-hal sederhana yang tidak terlalu membahayakannya, seperti mengaduk tepung, atau bagian icip-icip makanan.

Momen memasak bersama ini juga bisa dijadikan orang tua untuk mengajarkan memasak. Ingat, memasak adalah basic skill yang sebaiknya dimiliki setiap orang baik laki-laki ataupun perempuan.

Selain itu, mengajak si kecil memasak bersama biasanya juga akan meningkatkan penghargaan si kecil atas makanan.

 

3. Mengajarkan Berkebun

Aktivitas berkebun juga bisa menjadi aktivitas yang bisa dilakukan si kecil dan orang tua bersama-sama.

Orang tua bisa memanfaatkan lahan di rumah untuk ditanami berbagai tanaman, sehingga semakin membuat rumah terlihat asri.

Saat demikian, orang tua bisa mengajak si kecil untuk membantu menanam dan menyirami tanaman setiap hari.

Aktivitas berkebun ini selain bisa mendekatkan hubungan orang tua dan anak juga bisa mengajarkan si kecil untuk menyanyangi tanaman, bersabar, dan telaten.

 

4. Olahraga Bersama

Orang tua juga bisa mengajak si kecil untuk melakukan aktivitas olahraga bersama.

Namun yang harus diingat, ajaklah si kecil untuk melakukan aktivitas olahraga yang memang sesuai dengan usianya.

Orang tua bisa mengajak si kecil berenang, jogging, badminton dan sebagainya.

 

5. Merias Wajah

Bagi orangg tua yang memiliki anak perempuan, maka salah satu aktivitas yang bisa dilakukan bersama adalah merias wajah.

Orang tua bisa mencarikan make up yang sesuai dengan kulit wajah anak.

Momen seperti ini adalah momen yang mengasyikkan. Si kecil akan merasa gembira ketika diizinkan mengikuti ibu merias wajahnya.

Ibu bisa terlebih dahulu memberikan contoh kepada si kecil yang kemudian si kecil akan mengikuti apa yang dilakukannya.

 

6. Traveling

Ibu bisa mengajak si kecil traveling saat si kecil sedang libur sekolah.

Aktivitas traveling ini memberikan sejumlah manfaat, di antaranya mengajarkan si kecil untuk melihat dunia secara lebih luas, selain itu akan mengajarkan si kecil untuk bertemu banyak orang.

Traveling juga membantu si kecil agar tidak stress saat mereka sehari-hari dihadapkan dengan permasalahan sekolah.

 

contoh aktivitas ibu dan anak

 

7. Membersihkan rumah

Aktivitas bersama membersihkan rumah ini akan sangat bermanfaat di kehidupan si kecil hingga ia dewasa nanti.

Pasalnya si kecil akan terbiasan untuk rajin, dan hidup bersih. Pondasi hidup bersih yang ditanamkan pada anak sejak dini, biasanya akan melekat hingga ia dewasa nanti.

Agar anak gemar bersih-bersih maka orang tua sebaiknya melakukannya dengan anak secara bersama-sama. Jangan menyuruh anak melakukannya sendirian, karena nanti ia akan merasa diperintah dan justru membuatnya enggan melakukan hal itu.

 

8. Bermain Boneka

Ide menghabiskan waktu bersama anak selanjutnya adalah bermain boneka.

Aktivitas ibu dan anak ini juga memiliki sejumlah manfaat yang baik untuk si kecil.

Di antaranya adalah meningkatkan daya imajinasinya, membuat si kecil bahagia, dan juga membuat si kecil merasa mendapatkan perhatian dari bundanya.

Saat bermain boneka, orang tua juga bisa sembari memberikan pendidikan untuk si kecil dengan menyelipkan nilai moral dalam ceritanya.

 

9. Bersepeda

Aktivitas ibu dan anak selanjutnya yang bisa dicoba adalah bersepeda bersama. Carilah tempat-tempat ideal untuk bersepeda bersama yang tidak membahayakan si kecil.

Orang tua juga sebaiknya melengkapi alat keamanan bersepeda saat bersepeda bersama. Seperti memasangkan helm untuknya.

 

Baca juga: Penerbit Buku Anak di Jogja Paling Kaya Raya dan Sukses

 

Pilihlah jarak yang tak terlalu jauh dan tak akan membuat si kecil terlalu lelah. Selain itu, orang tua juga bisa mencarikan si kecil tempat-tempat yang dekat dengan fasilitas bermain, sehingga ketika selesai bersepeda si kecil bisa sekalihgus bersantai bersama orang tua di taman-taman bermain itu.

Atau orang tua bisa memilihkan tempat yang dekat dengan tempat makan sehingga nantinya si kecil bisa sekalian sarapan di lokasi itu.

Saat akan mengajak bersepeda si kecil, sebaiknya pilihlah waktu yang pas,seperti pagi hari atau sore hari.

Artikel Rekomendasi

Tinggalkan Balasan