Buku Cerita Anak Bergambar: Rekomendasi & Manfaat!

buku cerita anak bergambar

Buku Cerita Anak Bergambar – Anak-anak umumnya menyukai buku dengan gambar yang banyak. Ada sejumlah keuntungan yang didapatkan ketikaorang tua membelikan buku cerita anak bergambar.

Sejumlah keuntungan tersebut di antaanya adalah pesan dalam cerita jadi lebih tersampaikan, selain itu anak juga lebih memahami maksud dan isi cerita.

Hal ini karena melalui gambar, anak-anak akan terbantu untuk berimajinasi terhadap sesuatu yang mungkin belum dilihatnya sebelumnya.

Manfaat lain melalui cerita bergambar orang tua juga lebih mudah untuk menerangkan kepada si kecil mengenai jenis-jenis benda, ataupun rupa-rupa warna yang ada.

Berikut ini sejumlah rekomendasi buku cerita anak bergambar:

 

1. Cinderela

Cinderela adalah salah satu cerita anak populer di seluruh dunia. Cerita Cinderela adalah mengenai seorang anak yang tinggal bersama ibu tiri dan dua kakak tirinya.

Suatu hari, ada sebuah sayembara mengenai seorang pangeran yang sedang mencari seorang istri. Pangeran tersebut kemudian mengadakan sebuah pesta.

Cinderela yang tidak boleh ikut pesta oleh ibu tirinya kemudian bersedih di dalam kamarnya.

Tiba-tiba ada seorang peri yang menolongnya dan membantunya memiliki gaun, sepatu kaca dan kereta kencana untuk mengantar ke lokasi pesta.

Singkat cerita pangeran jatuh hati pada Cinderela dan berdansa dengannya. Namun Cinderela harus segera kembali saat jam menunjuk pukul 12.00 malam. Karena jika tidak , Cinderela dan segala sihir yang ada bersamanya lenyap.

Karena tergesa-gesa, sepatu kaca Cinderela pun tertinggal sebelah.

Keesokan harinya pangeran mencari pemilik sepatu dan yang pas akan dijadikan istri pangeran.

Cinderela pun ikut mencoba mengenakan sepatu itu. Ia pun akhirnya  dijadikan istri pangeran.

Pangeran yang mengetahui bahwa ibu dan kakak tiri Cinderela adalah orang jahat kemudian berniat menghukumnya. Namun Cinderela yang baik hati  mencegahnya.

Hikmah dari cerita ini adalah mengenai sikap memaafkan dan tetap berbuat baik.

 

2. Aladin dan Lampu Ajaib

Buku cerita bergambar lain yang bisa dibacakan untuk si kecil adalah Aladin dan Lampu Ajaib.

Cerita Aladin ini berkisah mengenai Aladin yang merupakan seorang pemuda yang dijebak pamannya dalam sebuah gua saat akan mencari harta karun.

Namun Aladin yang baik hati kemudian menemukan sebuah lampu ajaib yang tenyata berisi sesosok jin.

Jin tersebut berjanji mengabulkan tiga permintaan Aladin. Aladin kemudian meminta bantuan agar dirinya bisa keluar.

Singkat cerita, meskipun memiliki lampu ajaib, Aladin  tidak mengandalkan lampu tersebut jika memang tidak membutuhkannya.

Hikmah dari cerita ini adalah menanamkan pada anak sikap selalu bersyukur, tetap berusaha dengan usaha sendiri dan tidak serakah.

 

3. Si Cantik dan si Buruk Rupa

Rekomendasi buku cerita anak bergambar lainnya adalah si Cantik dan si Buruk Rupa.

Dengan buku ini orang tua bisa mengajarkan kepada si kecil untuk tidak hanya melihat seseorang dari fisiknya saja. Hal ini karena mereka yang berpenampilan baik belum tentu juga baik hati dan memiliki sikap baik. Pun begitu pula sebaliknya.

 

4. Pinokio

Cerita Pinokio berkisah mengenai seorang anak yang akan bertambah panjang hidungnya saat  ia berbohong.

Buku cerita anak bergambar yang menceritakan kisah pinokio cocok dibaca bersama anak menjelang ia tidur malam.

Buku ini mengajarkan anak mengenai arti pentingnya sebuah kejujuran.

 

5. Rapunzel

Cerita Rapunzel berkisah mengenai seorang anak yang dikurung di sebuah menara kastil hingga anak tersebut tumbuh dewasa.

Karena tidak pernah dipotong, rambut anak tersebut kemudian menjadi sangat panjang .

Sang penyihir yang mengurungnya selalu meminta Rapunzel menurunkan rambutnya untuk dijadikan tangga saat penyihir naik ke atas menara.

Ada banyak hikmah yang bisa dipetik dari kisah Rapunzel, di antaranya adalah keberanian dan juga kebaikan akan selalu menang.

 

manfaat buku cerita anak bergambar

 

Manfaat Buku Cerita Anak Bergambar

Pada paragraf awal sudah disinggung mengenai sejumlah manfaat memberikan buku cerita bergambar kepada anak.

Berikut ini secara lebih rinci mengenai manfaat membacakan buku cerita anak bergambar,  yang sebaiknya dipahami orang tua.

1. Meningkatkan Kemampuan Anak Berbahasa

Caroline Blakemore dalam bukunya Baby read-Aloud Basics menyebut hal ini bisa terjadi karena saat Ibu membacakan  cerita, si anak akan mengamati dan belajar berbagai kosakata baru yang belum pernah diketahuinya sebelumnya.

Maka kemampuan berbahasanya akan meningkat dan ia akan menggunakannya secara lebih tepat.

2. Mengembangkan Imajinasi

Orang tua bisa membantu anak mengembangkan imajinasinya lewat membacakan buku. Bacalah cerita menggunakan intonasi yang tidak monoton dan gerakan tangan agar anak mudah dalam membayangkan.

3. Melatih Daya Ingat

Agar orang tua bisa membantu anak dalam melatih daya ingat si kecil, maka orang tua bisa memberikan pertanyaan di tengah atau di akhir cerita terkait isi buku.

Keesokan harinya orang tua juga bisa menanyakan kembali mengenai keseluruhan  isi cerita.

4. Mengenalkan Hal Baru

Tak hanya fokus pada isi cerita, orang tua juga bisa mengenalkan hal-hal baru dalam buku bergambar seperti warna-warna yang ada, huruf, angka, atau bentuk-bentuk benda yang ada di dalamnya.

5. Menjadikan Si Kecil Gemar Membaca

Membacakan cerita akan mendidiknya gemar untuk membaca sejak dini. Ciptakanlah kondisi yang menyenangan saat membaca sehingga si anak akan ketagihan untuk membaca lagi dan lagi.

***

Demikian pembahasan mengenai buku cerita anak bergambar. Untuk lebih jelasnya mengenai produk-produk buku cerita anak bergambar, segera saja menghubungi Charissa Publisher sebagai penerbit buku anak terbaik di Indonesia.

Artikel Rekomendasi

Tinggalkan Balasan