10+1 Buku Cerita Anak Indonesia yang Inspiratif

buku cerita anak

Buku Cerita Anak – Mendidik anak menggunakan buku cerita adalah salah satu cara yang bisa digunakan para orang tua. Meski demikian, tidak sembarangan buku cerita bisa diberikan kepada anak. Orang tua tetap harus selektif dalam memilih buku anak.

Ada beberapa pertimbangan dalam memilihkan buku untuk mereka. Di antaranya mempertimbangkan usia, mempertimbangkan kemampuannya dalam memahami, bahasa yang disampaikan buku cerita, serta apa hikmah  yang ingin disampaikan kepada si anak.

Dengan membacakan buku cerita kepada anak, orang tua sebenarnya akan mendapat sejumlah manfaat. Di antaranya adalah anak menjadi semakin dekat dengan orang tua. Juga, membantu si kecil untuk mengembangkan imajinasinya. Serta bagi anak-anak yang masih sangat kecil membantunya untuk lebih cepat berbicara.

Membacakan mereka buku cerita anak juga mengajarkan kepada si kecil bagaimana cara mencintai buku sehingga harapannya mereka bisa bertumbuh menjadi manusia yang nantinya melek literasi.

Dengan banyaknya manfaat dari membacakan buku cerita anak, maka sebaiknya orang tua menyempatkan waktu untuk melakukannya.

Untuk orang tua yang saat ini sedang bingung memilih, berikut ini sejumlah ide buku cerita anak yang Inspiratif:

 

1. Lupus

Cerita Lupus ini adalah salah satu buku cerita  yang cocok untuk anak remaja. Lupus adalah salah satu buku cerita yang pernah populer pada masanya namun masih cocok dijadikan bacaan jaman sekarang. Buku ini menceritakan mengenai Lupus sebagai wartawan di salah satu majalah.

 

2. Laskar Pelangi

Buku cerita anak Indonesia ini adalah salah satu buku cerita anak yang melegenda. Buku karangan Andrea Hirata tersebut berkisah mengenai perjuangan Ikal dan kawan-kawan untuk bersekolah hingga mencapai cita-cita.

Buku ini sangat menginspirasi anak-anak dan memotivasi mereka untuk selalu berusaha mewujudkan cita-citanya karena di dunia ini tak ada yang tidak mungkin.

 

3. Catatan Harian Olin

Buku cerita anak karangan Ali Muakhir ini juga menarik untuk dibacakan kepada anak-anak. Catatan Harian Olin baik satu maupun dua memiliki nilai hikmah yang baik untuk anak-anak.

Catatan Harian Olin 2 berkisah mengenai Secilian yang gundah karena omanya akan dikirim ke panti jompo.

Dia tidak setuju dengan Oma yang dikirim ke panti jompo meskipun alasannya adalah agar omanya lebih terawat.

 

4. Misteri Lemari Terkunci

Buku cerita anak selanjutnya yang bisa jadi ide adalah Misteri Lemari Terkunci. Buku cerita anak ini adalah karangan penulis buku bacaan anak Iwok Abqary. Buku dengan ketebalan sekitar 108 lembar ini bercerita tentang Dhika dan Arif yang menyelidiki kasus pencurian perhiasan.

Cerita buku tersebut cukup seru untuk dibacakan pada anak-anak.

 

5. Buna Si Ikan Buntal

Buna si Ikan Buntal ini cocok dijadikan buku bacaan anak-anak saat menjelang tidur.

Buku cerita anak karangan Reni Yuniar ini adalah terbitan dari DAR! Mizan. Buku ini menceritakan mengenai Buna si ikan buntal yang pergi ke sekolah sendirian.

Suatu kali ia dihadang oleh ikan besar dan jahat. Meskipun ia ketakutan namun Buna tetap ingat pesan ayah dan ibunya.

 

6. Anak Pantai

Buku ini bercerita mengenai Gendis dan dua temannya yang tengah mengikuti lomba membuat istana pasir. Saat membangun istana pasir tersebut ternyata bukanlah hal tak mudah. Buku Anak Pantai ini adalah seri buku ‘Indonesia Membumi’ yang bertujuan memperkenalkan 9 nilai antikorupsi kepada anak sejak dini.

 

7. Petualangan Rumi

Buku Petualangan Rumi adalah buku karangan Dewi Dedew Rieka yang diterbitkan oleh Grasindo. Petualangan Rumi bercerita mengenai sebuah mobil bernama Rumi yang didesain seperti rumah mungil.

Rumi merupakan kisah petualangan papa Agga dan Moza beserta si mobil Rumi menjelajah kota-kota di Indonesia. Buku ini juga dilengkapi dengan lembar aktivitas yang bisa dikerjakan anak.

 

8. Ketika Cican Marah

Buku Ketika Cican Marah ditulis oleh Wahyu Aditya, Indah Julianti dan Tadiga K. Ketika Cican Marah dapat membantu orang tua mengenalkan emosi marah kepada anak dan mengelolanya dengan baik. Bahasa penyampaian buku anak inipun juga mudah untuk dicerna anak-anak.

 

9. Buku PECI: Jangan Bersedih Lisha

Buku cerita anak Indonesia ini merupakan kumpulan cerpen dengan jalan cerita yang menarik dan mudah untuk dipahami. Ada 10 cerita pendek dengan tokoh anak-anak dalam buku ini. Salah satunya adalah Lisha yang belajar memakai laptop menggunakan tujuh jari.

Buku ini memiliki kisah-kisah yang cukup menyentuh hati.

 

10. Mainan Baru Sabiq

Buku cerita anak ini ditulis oleh Fadila Hanum dan AW Wibowo. Buku cerita ini mengajarkan rasa peduli pada sesama kepada si kecil. Lewat buku ini si kecil bisa belajar dari cerita Sabiq yang suka membeli mainan.

Namun akhirnya Sabiq sadar bahwa banyak hal lebih penting dari membeli mainan seperti menyumbang untuk korban bencana alam.

 

11. Prasangka Moka

Buku Prasangka Moka berkisah mengenai perjalanan Moka yang tersesat. Moka tengah dalam perjalanan mencari neneknya namun ia tersesat. Moka kemudian ragu apakah akan mempercayai binatang yang akan membantunya. Pasalnya banyak rumor kurang baik mengenai mereka.

Buku ini mengajarkan toleransi dan mengajarkan untuk tidak menilai seseorang hanya dari prasangka dan kabar beredar.

 


 

Demikian ide buku cerita anak yang inspiratif. Cocok untuk anak usia dini dan juga remaja. Untuk penerbit buku anak terbaik di Indonesia, tentu saja hubungi langsung Charissa Publisher. Ada banyak buku terbitannya yang berkualitas dan menjadi rujukan untuk anak-anak di Indonesia.

Artikel Rekomendasi

Tinggalkan Balasan