Cara Membuat Anak Percaya Diri: Penting untuk Ortu, Nih!

cara membuat anak percaya diri

Cara Membuat Anak Percaya Diri – Ada banyak sebab yang menimbulkan kurangnya rasa percaya diri pada anak. Di antaranya adalah anak sering dilarang-larang, kurang kasih sayang hingga akibat perasaan trauma pada kegagalan yang dimilikinya.

Sebagai orang tua tentunya ingin membuat anak percaya diri, namun mungkin mereka tak menyadari bahwa pendidikan yang mereka berikan justru yang mempengaruhi rasa percaya diri itu sendiri.

 

Pentingnya Rasa Percaya Diri

Rasa kepercayaan diri pada anak sangat penting bagi pertumbuhan buah hati. Rasa percaya diri akan membantu si kecil agar ia berani belajar hal-hal baru dan juga memiliki semangat pantang menyerah.

Karakter percaya diri ini akan membantu si kecil untuk menjadi sosok yang lebih baik saat di sekolah, rumah maupun lingkungan pertemanannya.

Anak dengan kepercayaan diri rendah, seringkali tak memiliki teman dan tidak berusaha untuk bermain bersama dengan orang lain.

Anak-anak ini seringkali juga kesulitan untuk membela dirinya sendiri saat ada yang mengganggunya.

Anak dengan rasa percaya diri yang rendah juga sulit untuk mengatasi kesalahan maupun kegagalan yang ia hadapi.

Dan yang harus diingat, bagaimana karakter kepercayaan si kecil ini terbentuk di masa belianya, biasanya akan terbawa hingga ia tumbuh dewasa.

Kepercayaan dirinya ini sedikit banyak juga sangat berpengaruh pada bagaimana si kecil akan mendapat kesuksesan kelak.

 

Baca juga: Penerbit Buku Anak Jogja Terbaik dan Berkualitas

 

Tanda Anak Percaya Diri

Ada sejumlah tanda yang bisa dilihat bahwa seorang anak memiliki kepercayaan diri yang cukup. Adapun tanda-tanda kepercayaan diri pada anak  yakni:

1. Berani Mengambil Risiko

Anak-anak dengan kepercayaan diri kuat umumnya akan berani mengambil risiko sehingga ia akan selalu berani mencoba hal-hal baru.

2. Punya Target

Anak yang memiliki kepercayaan diri yang tinggi juga akan memiliki keberanian untuk menetapkan sebuah target. Adapun ayah dan bunda sebaiknya membantu si kecil mengukur apakah target yang dibuat cukup realistis. Hal ini untuk menjaga agar nantinya si kecil tak kehilangan kepercayaan dirinya saat targetnya gagal tercapai.

3. Berani Membuat Keputusan

Ketika anak masiih balita biasanya mereka masih membutuhkan bantuan dari orang tuanya saat beraktivitas. Saat itu si kecil akan memilih bajunya sendiri maupun sepatunya sendiri.

Sifatnya yang mandiri ini adalah tanda bahwa si kecil memiliki bibit rasa percaya diri yang baik. Tugas orangg tua adalah menjaga dan mengembangkan agar jangan sampai kepercayaan diri itu hilang dari dirinya.

4. Mudah Beradaptasi

Anak-anak yang memiliki kepercayaan diri yang baik juga cenderung tidak canggung dan mudah beradaptasi dengan lingkungan maupun kawan-kawannya. Mereka umumnya memiliki teman-teman yang banyak.

 

anak percaya diri

 

Cara Membuat Anak Percaya Diri

Setiap orang tua tentunya tidak ingin si anak tumbuh menjadi anak yang minderan. Lantas bagaimana cara untuk membuat seorang anak percaya diri?

Berikut ini sejumlah cara yang bisa dicoba orang tua untuk menumbuhkan rasa percaya diri pada anak:

1. Berikan Contoh

Salah satu cara memberikan contoh kepercayaan diri dari orang tua pada anak bisa dimulai dengan kebiasaan orang tua mempersiapkan sesuatu dengan baik, dan selalu berikap penuh optimisme.

Apa yang dilihat anak, maka inilah nantinya yang akan dicontoh oleh sang anak.

2. Jangan Mudah Marah

Saat si anak melakukan kesalahan akibat hal baru yang dilakukannya, orang tua sebaiknya jangan langsung marah dan menyalahkannya.

Hal ini karena akan membuat anak tidak percaya diri dan juga minder.

Yang bisa dilakukan orang tua adalah membantunya mempelajari bahwa kesalahan adalah hal normal dalam proses belajar.

Selain itu buatlah si kecil untuk merasa tidak takut untuk mencoba kembali setelah kegagalan menghalanginya.

3. Dorong Si Kecil Mencoba Hal Baru

Orang tua bisa mengajak si kecil untuk mencoba hal-hal baru yang belum pernah dilakukannya. Saat sesuatu yang baru itu ternyata berhasil dilakukannya, maka ini akan meningkatkan rasa percaya dirinya.

4. Biarkan Si Kecil Merasakan Gagal

Perasaan khawatir bahwa si kecil akan gagal, wajar dimiliki setiap orang tua. Namun jangan tularkan ini pada anak apalagi ketika ia akan mempelajari hal batu.

Adakalanya bahkan si kecil perlu dibiarkan gagal mengingat realita dalam hidup kerap kali segala sesuatu tak berjalan mulus.

Namun berikan bantuan agar si kecil tetap bersemangat agar ia bisa bangkit kembali. Saat ia bisa bangkit kembali, maka saat out rasa percaya dirinya akan tumbuh lebih besar lagi.

5. Ajak Mereka Ikut Serta Dalam Kegiatan

Saat orang tua sedang bersih-bersih rumah atau mungkin sedang mencuci peralatan dapur, ada baiknya orang tua mengajak si kecil untuk ikut serta membantu sesuai dengan kemampuannya.

Melibatkan ia dalam kegiatan bisa membuatnya merasa dihargai. Hal ini bisa menumbuhkan rasa percaya diri pada dirinya.

6. Terima Ketidak Sempurnaannya

Bagi anak kecil, mungkin mereka belum memahami konsep ketidaksempurnaan, di mana di dunia ini taka da sesuatupun yang berjalan sempurna.

Ketidak sempurnaan mungkin akan membuat anak merasa frustasi dan tidak percaya diri. Karena itulah orang tua perlu mengajari mereka bagaimana mereka menerima ketidaksempurnaan itu.

Menerima ketidaksempurnaan adalah salah satu cara untuk membuat seseorang memiliki kepercayaan diri.

Artikel Rekomendasi

Tinggalkan Balasan