cara membuat perpustakaan di rumah

13 Cara Membuat Perpustakaan di Rumah: Anak Jadi Betah Baca!

Cara Membuat Perpustakaan di Rumah – Para penyuka buku biasanya akan membangun perpustakaan mereka di dalam rumah. Namun, untuk orang tua yang ingin sang anak juga suka buku, maka mereka sebaiknya memikirkan bagaimana menciptakan ruang perpustakaannya menarik. Ini penting agar si kecil betah berlama-lama dalam membaca.

Berikut ini beberapa cara membuat perpustakaan kreatif di rumah agar anak betah membaca:

 

1. Pilihlah Bagian Rumah yang Tenang

Sebelum membuat perpustakaan, petakan dahulu bagian mana dari ruangan di rumah Anda yang jauh dari keramaian.

Semisal, sisi rumah paling belakang, lantai dua atau tempat-tempat lainnya. Ruangan yang tenang penting membuat anak betah berlama-lama saat membaca dan fokus dengan bacaannya.

 

2. Manfaatkan Space Kosong Tak Bermanfaat

Anda bisa menggunakan sisi ruangan yang kosong namun sangat jarang dipakai. Seperti misalnya sisi bawah tangga. Menjadikan ruang bawah tangga sebagai ruang perpustakaan bisa membuat perpustakaan terlihat unik.

 

anak nyaman membaca di perpustakaan rumah

 

3. Siapkan Rak dengan Bentuk Unik

Rak dibutuhkan untuk menata buku perpustakaan. Memilih rak dengan bentuk menarik akan membuat perpustakaan terkesan kreatif dan unik dan tentunya membuat betah.

Dalam memilih model rak, orang tua bisa mengajak menetukan pilihannya, sehingga saat nanti perpustakaan sudah jadi ia ikut bangga dengan pilihannya.

 

4. Siapkan Properti untuk Rebahan

Meskipun membaca disarankan dengan duduk, namun dalam upaya membuat si kecil betah, orang tua harus memikirkan properti yang bisa dipakai anak  untuk membaca saat rebahan atau bahkan tidur saat kelelahan membaca buku.

Properti ini bisa tempat tidur kecil yang nyaman dipakai rebahan, serta bantal.

Gunakan seprai dan sarung bantal polos dengan warna soft agar tidak mengganggu fokus saat anak membaca di atasnya.

 

5. Siapkan Bantal Duduk

Menyiapkan bantal duduk juga bisa dilakukan untuk makin membuat si kecil berlama-lama di perpustakaan.

Pilihlah bantal duduk dengan warna yang rame sehingga bisa dikombinasikan dengan tempat rebahan yang memiliki warna kalem.

 

6. Pilihlah Cat Warna Serba Putih Minimalis

Dalam mendesain perpustakaan kreatif untuk si kecil orang tua bisa mengecat nuansa di sekitar kamar seluruhnya berwarna putih.

Ini cukup bagus untuk menimbulkan kesan suasana perpustakaan yang minimalis dan bersih.

 

7. Carilah Tempat di Dekat Jendela

Cara membuat perpustakaan di rumah selanjutnya adalah dengan membuatnya di dekat jendela agar nyaman. Membuat perpustakaan di dekat jendela juga ide yang menarik. Saat si kecil lelah membaca, mereka bisa mengganti pandangannya dengan melihat pemandangan di luar jendela.

Selain itu, perpustakaan yang diletakkan di dekat jendela juga bagus agar sirkulasi udara perpustakaan baik dan tidak pengap. Manfaat lain, hadirnya jendela ini juga dapat menambah nilai etetika perpustakaan.

 

Baca Juga: Ini Dia Penerbit Anak Berkualitas di Indonesia!

 

8. Cari Referensi dari Banyak Sumber

Sebelum Anda membuat perpustakaan di rumah untuk anak, Anda bisa terlebih dahulu browsing dari berbagai sumber untuk menemukan refrensi.

Anda bisa menemukan refrensi di pinterest ide perpustakaan yang menarik, ataupun situs-situs properti baik dalam maupun luar negeri.

 

perpustakaan rumah yang nyaman

 

9. Mini Perpustakaan di Luar Ruangan

Tak hanya di dalam ruangan, Anda juga bisa membuat mini perpustakaan di luar ruangan rumah. Caranya Anda bisa menempatkan beberapa buku dalam almari kecil tertutup dengan bentuk unik.

Seperti bentuk rumah kecil dengan atap yang akan melindunginya dari hujan. Letakkan lemari mini buku itu di antara halaman rumah yang dipenuhi rumput hijau atau di dekat bangku taman rumah.

Si kecil bisa menikmati momen-momen membaca di luar sembari merasakan hembusan angin sepoi-sepoi. Sekaligus ketika ada teman-temannya datang ke rumah mereka bisa sekalian mengajaknya membaca bersama.

 

10. Lengkapi Perpustakaan dengan Gambar atau Tulisan Penyemangat

Cara membuat perpustakaan di rumah selanjutnya adalah dengan memberikan gambar penyemangat dan tulisan inspiratif. Anda bisa membuat perpustakaan menjadi menarik agar si kecil betah berlama-lama dengan melengkapi perpustakaan menggunakan gambar-gambar maupun tulisan penyemangat.

Anda bisa membuat gambar-gambar ataupun tulisan itu bersama si kecil supaya mereka bisa berbangga dengan hasil karyanya.

 

11. Atur Buku Sesuai Warna

Mengatur buku sesuai dengan warnanya adalah salah satu strategi membuat perpustakaan terlihat tertata, rapi dan menarik.

Ketika ruangan perpustakaan tertata rapi maka anak akan betah untuk berlama-lama membaca buku di ruang perpustakaan itu.

 

12. Perhatikan Kualitas Pencahayaan Ruangan

Cara membuat perpustakaan di rumah selanjutnya adalah dengan memerhatikan kualitas pencahayaan ruangan. Saat membuat perpustakaan, maka perhatikan kualitas pencahayaan ruangan yang ada.

Ini penting karena pencahayaan yang cukup akan membuat seseorang berlama-lama dalam membaca buku, dan tidak mudah membuatnya mengantuk saat membaca buku.

Anda bisa memasangkan lampu-lapu yang sesuai dengan beberapa pilihan lampu estetik namun juga memberikan nyala yang cukup.

 

13. Siapkan Tangga

Cara membuat perpustakaan di rumah sleanjutnya adalah dengan menyiapkan tangga. Ketika perpustakaan dibuat dengan rak tinggi maka bisa disiapkan tangga yang sekiranya aman untuk dinaiki si kecil.

Akan tetapi jika khawatir dengan adanya tangga, maka orang tua bisa menempatkan buku anak-anak di bagian bawah, sedangkan bagian atas adalah buku bacaan orang tua.

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *