Cara Memilih Buku Bacaan untuk Bayi

7+1 Cara Memilih Buku Bacaan untuk Bayi

Cara Memilih Buku Bacaan untuk Bayi – Membacakan buku untuk bayi adalah salah satu cara yang bisa dilakukan orang tua untuk berkomunikasi dengan mereka.

Salah satu manfaat besar dari membacakan buku untuk bayi yang belum mengerti mengenai isi buku adalah membentuk keterikatan antara si kecil dan orang tuanya.

Selain itu, ini juga akan membantunya lebih cepat meningkatkan kemampuannya dalam berbahasa dan membantunya berimajinasi.

Perlu diingat saat membacakan buku cerita untuk bayi, orang ua tidak harus menyelesaikan bacaanya hingga selesai. Namun jika ini dilakukan rutin maka akan baik untuk perkembangan si kecil

Buku untuk bayi tentunya berbeda dengan buku untuk anak-anak yang lebih besar.

Berikut ini sejumlah tips dalam memilih buku yang bisa dibacakan untuk bayi:

1. Bahan

Apabila memilih buku untuk bayi maka sebaiknya pilihlah buku yang terbuat dari kain lembut atau soft yangmana buku itu bisa dinikmati bayi usia enam bulan.

Ada baiknya pilih buku yang ringan, mudah untuk dicuci dan tak mudah lepas, serta dapat digigit. Apabila buku mudah dipegang, maka bayi akan semakin rajin untuk melajar memegang objek.

Ayah-bunda bisa memilihkan si kecil buku yang bertekstur guna melatih kemampuan indra perabanya.

Jika ingin melatih pendengaran dan bermusik si kecil maka orang tua bisa memilihkan bayi mereka electronic book di mana akan ada suara yang ke luar tiap kali buku disentuh.

Nantinya bayi akan memberikan respon pada bunyi yang ia dengar.

 

2. Warna dan Gambar

Saat masih berusia di bawah enam bulan orang tua sebaiknya memilihkan mereka buku yang bergambar sederhana dengan warna sederhana seperti warna hitam dan putih saja.

Apabila bayi sudah menginjak usia enam bulan maka orang tua dapat mengembangkan pengetahuan mereka dengan buku yang berwarna kontras yang memiliki satu atau dua objek pada setiap halamannya.

 

3. Isi Buku

Pilihlah buku yang isinya mengandung objek menarik yang bisa ia temui di sekitar. Seperti kakek, nenek, adik, paman maupun anggota keluarga lainnya.

Orang tua juga bisa mengenalkan kepada mereka dengan mulai memperlihatkan album keluarga.

Ide isi buku cerita yang lain adalah seputar kegiatan sehari-hari seperti kegiatan mandi, makan tidur siang, dan sebagainya.

Hal ini untuk menambah kosa kata untuk si kecil.

 

4. Posisi Membacakan Buku

Ketika membacakan buku untuk bayi maka sebaiknya orang tua berusaha membuat nyaman mereka. Caranya adalah dengan mengajak mereka ikut menyentuh buku tersebut.

Ketika membcakan buku untuk bayi maka perlihatkan pada mereka gambar yang menarik  sembari menyebutkan nama objek pada buku itu.

Orang tua juga dapat memperlihatkan warna-warna menarik kepada mereka.

Usahakan membacakan buku dengan gembira dan bersemangat. Sejumlah ahli mengatakan buku yang dibacakan dengan jelas dan perlahan akan lebih mudah ditangkap dan diikuti oleh para bayi.

Ini sekaligus melatih pendengaran mereka dan melatih ketrampilannya memproduksi bahasa sendiri.

Biarkan bayi saat mereka menarik-narik buku, mengemut ataupun mengeksplorasi buku dengan berbagai cara. Hal ini supaya mereka memahami objek yang disentuhnya. Namun tetap pantau selalu agar mereka tetap aman.

 

Baca Juga: Penerbit Buku Anak Berkualitas di Indonesia

 

5. Tema

Cara memilih buku bacaan untuk bayi selanjutnya adalah dengan memilihkan tema yang relevan. Buku yang sebaiknya dipilihkan untuk bayi adalah buku yang memiliki tema sederhana, dan tidak berbelit.

Hindarilah buku yang terlalu memiliki banyak tokoh dan ceritanya berputar. Cukup pilihkan yang sederhana, namun memiliki jalan cerita yang baik. Serta membantunya mudah mendapatkan perbendaharaan kata baru.

 

buku bacaan untuk bayi

 

6. Jangan Lupakan Buku Lokal

Cara memilih buku bacaan untuk bayi selanjutnya adalah dengan memilihkan buku lokal juga. Meskipun buku impor baik, namun jangan lupakan untuk memilihkan buku lokal untuk si kecil.

Ini sekaligus untuk mengenalkan kepada mereka mengenai budaya kita. Selain itu, dengan mengenalkan buku lokal, si kecil tidak bingung karena hal-hal lokal banyak mereka temui di kehidupan sehari-harinya. Berbeda dengan buku impor yang kerap kali beberapa hal di dalamnya tidak relevan dengan yang ada di Indonesia.

 

7. Rima

Bunda dan ayah juga bisa memilihkan bayi, buku yang memiliki rima yang baik.

Buku semacam ini akan mendukung bayi yang tengah berlatih membuat suara pertamanya.

Jangan lupa bacalah dengan nada suara emosi yang sesuai. Seperti saat marah, sedih dan sebagainya dengan nada yang pas tidak hanya sekedar datar. Ini bermanfaat agar bayi mulai mengenal emosi.

 

8. Bacakan Sebelum Tidur

Cara memilih buku bacaan untuk bayi selanjutnya adalah dengan cobalah untuk membacakan buku paling sering ketika mereka akan tidur. Membacakan buku sebelum bayi tidur adalah saat untuk menciptakan bonding dan bermanfaat bagi perkembangan kognitif si kecil.

Ini akan membantu mereka membangun ketrampilan mendengarkan, memori dan kosakata.

Buku yang ideal bagi bayi adalah yang bisa membantu membangun kecerdasan, kosakata, konsep dan langkah awalnya belajar membaca.

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *