10 Ide Unik Cara Mendidik Anak Balita Agar Cerdas & Kreatif

Cara Mendidik Anak Balita

Cara Mendidik Anak Balita Agar Cerdas – Memiliki anak yang cerdas, tentunya adalah dambaan setiap orang tua. Akan tetapi, mendidik anak tidaklah semudah membalikkan telapak tangan. Harus ada proses yang dilalui.

Selain itu, untuk mendidik seorang anak, orang tua harus memiliki ilmu yang cukup terlebih dahulu.

Usia balita adalah usia emas untuk mendidik seorang anak yang tentunya bermanfaat untuknya saat dewasa nanti.

Lantas bagaimanakah cara mendidik anak balita agar ia tumbuh sebagai anak yang cerdas?

Berikut ini sejumlah cara dalam mendidik buah hati agar kelak ia tumbuh sebagai anak yang cerdas.

Orang tua bisa mengikuti cara-cara berikut secara rutin dan teratur. Adapun caranya:

 

1. Ajari Mereka Bicara

Saat si kecil masih berusia sekitar 18 bulan hingga 2 tahun setidaknya mereka telah merekam sekitar 50-100 kata. Saat itu orang tua sudah mulai bisa sering-sering mengajaknya bicara untuk menstimulasi kemampuannya bicara.

Orang tua bisa memulai dengan menarasikan kegiatan harian si kecil, atau memberinya pertanyaan-pertanyaan yang dijawab sendiri oleh orang tua.

Dengan demikian maka kosakata si kecil akan mulai bertambah setiap hari.

 

2. Ajak Ia Baca Buku

Cara mendidik anak balita agar cerdas selanjutnya adalah dengan mengajak si kecil untuk membaca buku. Pilihlah buku yang sesuai dengan usia anak.

Anak-anak balita cenderung menyukai buku-buku yang kaya akan gambar.

Buku bisa menstimulasi perkembangan otaknya sehingga membuat anak lebih cerdas. Selain itu melalui buku anak-anak juga akan mendapatkan kosakata maupun pengetahuan-pengetahuan baru.

 

3. Aturlah Waktu Tidurnya

Perkembangan otak anak berlangsung ketika ia tertidur. Karena itulah, penting bagi orang tua untuk mengatur waktu tidur anaknya.

Balita yang berusia 1-2 tahun butuh waktu tidur sekitar 11-14 jam sehari. Adapun mereka yang berusia 3-5 tahun butuh waktu 10 hingga 13 jam sehari.

Karena waktu tidur yang berbeda ini, pastikan si anak terpenuhi kebutuhan waktu tidurnya.

 

4. Kenalkan Musik

Orang tua bisa mengenalkan musik kepada anak dengan cara mengajaknya bernyanyi, menggoyangkan badan ikut alunan lagu atau sekedar menggumamkan lagu.

Mengenalkan musik semcam ini juga mampu mempercepat perkembangan otak. Dengan musik anak juga akan lebih aktif bergerak.

Otak anak bisa lebih berkembang karena ia akan mulai belajar untuk mengingat dan membedakan nada.

Saat balita ini orang tua juga bisa mulai mengenalkan alat musik kepada anak. Tidak perlu alat musik yang mahal, cukup alat musik mainan yang menghasilkan nada dan suara.

 

5. Gizi Seimbang

Pastikan si kecil mendapatkan asupan gizi yang seimbang. Makanan gizi seimbang sangat penting untuk memenuhi nutrisi otak agar bisa berkembang dengan baik.

Makanan gizi seimbang ini bisa berasal dari ASI, atau makanan-makanan lain. Pastikan kebutuhan protein vitamin dan mineralnya juga terpenuhi.

Sejumlah makanan yang penting untuk kecerdasan otak di antaranya adalah sayuran, susu, telur, ikan salmon, kacang-kacangan dan daging segar.

 

6. Berikan Contoh yang Baik

Ingatlah selalu pendidikan yang baik adalah suri tauladan. Karena itulah, ketika ingin anak memiliki kecerdasan yang optimal orang tua sebaiknya juga memberikan contoh hal-hal yang bisa menstimulasi kecerdasannya, maupun memberikan contoh kegiatan positif yang bisa dilakukannya.

Salah satunya adalah aktifitas membaca buku, memberi contoh menghitung benda-benda di sekitarnya, dan sebagainya.

Orang tua juga bisa memberikan contoh terkait pekerjaan rumah yang dilakukan.

 

anak balita cerdas

 

7. Berikan Mainan Edukatif

Mainan yang dimainkan anak akan mempengaruhi bagaimana otaknya berkembang. Sejumlah mainan yang bisa membantu si kecil mengembangkan kecerdasan di antaranya adalah permainan puzzle, atau permainan susun balok.

Memberikan si kecil mainan alat-alat dapur atau robot, ternyata juga bisa membantu si kecil mengembangkan imajinasinya yang ternyata berdampak pada kecerdasannya.

 

8. Ajarkan untuk Percaya Diri

Anak-anak yang cerdas umumnya memiliki rasa percaya diri yang baik. Rasa percaya diri ini juga akan mendukungnya untuk terus meningkatkan pengetahuannya.

Semakin anak memiliki rasa percaya diri yang tinggi biasanya mereka akan berani untuk mencoba dan mempelajari hal-hal yang baru.

 

9. Jangan Hentikan Saat Ia Terus Bertanya

Anak yang cerdas biasanya akan cenderung banyak bertanya. Namun pertanyaan anak yang terlalu sering ini kadangkala menjengkelkan untuk orang tua, apalagi jika yang ia tanyakan aneh dan sesuatu yang mungkin tak pernah dipikirkan orang tua.

Saat seperti ini orang tua jangan pernah menyuruh anak untuk berhenti bertanya. Hal itu karena melalui pertanyaan yang ia ajukan otaknya akan terbiasa untuk berpikir kritis. Hal ini bagus untuk perkembangan otak si kecil agar tumbuh semakin cerdas.

Yang perlu dilakukan orang tua adalah memilihkan jawaban yang tepat untuk setiap pertanyaan si anak. Pilihlah kata-kata yang nantinya mudah ia pahami.

 

Baca juga: Penerbit Buku Anak di Indonesia

 

10. Kenalkan Adab

Salah satu nasihat yang baik yang patut diperhatikan orang tua adalah ajarkan adab sebelum ilmu. Hal ini penting karena anak seharusnya mengetahui apa-apa saja yang boleh dan tidak dilakukannya, sebelum ia mempelajari banyak hal.

Nah itu dia sejumlah cara mendidik anak agar ia bisa tumbuh menjadi anak yang cerdas.

Artikel Rekomendasi

Tinggalkan Balasan