9+1 Cara Mengajak Anak Membaca Buku: Penting Nih!

Cara Mengajak Anak Membaca Buku

Cara Mengajak Anak Membaca Buku – Para ahli banyak merekomendasikan agar orang tua memperbanyak membacakan buku untuk anak-anaknya dibandingkan memberikan mereka gadget.

Para ahli dari American Academy of Pediatric bahkan merekomendasikan agar orang tua membatasi penggunaan layar gadget menjadi hanya satu jam sehari.itupun hanya untuk program yang berkualitas bagi mereka yang berusia dua hingga lima tahun.

Adapun anak yang berusia di atas enam tahun diberikan tontonan dengan batasan yang konsisten.

Buku adalah pilihan yang baik untuk waktu screen time. Pilihlah membacakan buku untuk mereka dibanding membacakan e-book atau tablet.

Para peneliti menilai membacakan buku untuk si kecil lebih meningkatkan interaksi orang tua dan anak.

Selain itu ini bermanfaat untuk membantu mengasah ketrampilan bahasa mereka. Buku juga akan membantu memperluas dunia si kecil sehingga mereka bisa mempelajari apa yang sebelumnya tak diketahui.

Meski demikian, terkadang ada saat-saat orang tua kesulitan membacakan buku untuk si kecil.

Lantas bagaimana cara mengajak anak membaca buku?

 

1. Jadikan Membaca sebagai Kebiasaan

Ketika anak sudah terbiasa untuk membaca buku, mudah untuk kita mengajaknya membaca buku.

Cobalah mengajak mereka membaca sebelum tidur dengan 1-2 buku.

Bacakan mereka cerita saat malam hari kala ia sudah lelah dan ingin tidur. Kebiasaan ini membantunya menjadi pribadi yang lembut, serta membantunya untuk lebih rileks.

Awalilah sebelum membaca dengan kegiatan berdiskusi dulu sehingga rasa ingin tau mereka terpancing.

 

2. Beri Kesempatan Si Kecil Memilih

Saat si kecil memilih buku favoritnya, maka biarkan saja. Tetap bacakan ia cerita meski telah berkali-kali. Bagi anak, meskipun ia telah hapal isi suatu buku baginya buku cerita akan tetap menghibur.

 

3. Ajak Mereka Membaca di Ruangan yang Nyaman

Saat si kecil akan membaca atau dibacakan, maka pilihkan lokasi yang nyaman, tenang dan tak bising. Karena itulah ajak mereka ke lokasi yang tenang.

Di sudut rumah, membuatkan mereka ruangan kusus baca adalah sebuah ide yang bagus. Lengkapilah ruangan tersebut dengan kursi malas, sofa atau bantal dan selimut.

 

4. Update Buku-Buku Bacaan

Upayakan untuk memperbarui buku bacaan si kecil. Tak selalu harus membelinya, orang tua bisa mengajak si kecil datang ke perpustakaan lalu meminjamkan mereka buku yang sesuai.

Namun membelikan mereka buku juga sebaiknya dilakukan sesekali apalagi jika memang kemampuan orang tua di atas rata-rata.

 

Baca Juga: Penerbit Buku Anak Paling Berkualitas di Indonesia

 

5. Buku Bertekstur

Untuk makin menarik minat baca si kecil, orang tua dapat memberikan anak buku berteksktur. Buku semacam ini akan membantu si kecil lebih interaktif.

Ketika membaca buku kertas biasa pun ajak si kecil untuk juga memegang kertas, sehingga mereka terbiasa merasakan buku. Caranya adalah dengan membiarkan si kecil membalik bukunya sendiri.

 

6. Sediakan Buku di Banyak Tempat

Akan lebih baik lagi saat orang tua menyediakan berbagai buku di berbagai tempat untuk membuat si kecil terbiasa melihat buku, dan memudahkannya membacanya.

Hal semacam ini membuat si kecil tak merasa asing dengan buku.

 

anak keranjingan membaca buku

 

7. Lihat Situasi

Ketika emosi anak masih meluap-luap dan Anda kesulitan menenangkan Anda dapat mencoba menghibur mereka dengan menawarkan membacakan buku. Namun Anda juga harus pandai melihat situasi, untuk kemarahan tertentu cara demikian mungkin tak akan cocok dan malah berisiko membuat anak merusak buku miliknya saking tengah dilanda rasa marah.

 

8. Bacakan Saat Anak Bertanya tentang Sesuatu

Ketika Anak menanyakan sesuatu dan Anda tahu bahwa jawaban atas pertanyaan bisa ditemukan di buku cerita miliknya atau buku sains tertentu, maka saat itu adalah saat yang tepat untuk mengajaknya membaca buku.

Ini sekaligus membantu orang tua mengajarkan bahwa buku adalah sumber ilmu. Jawaban atas berbagai pertanyaan, bisa ditemukan di dalam sebuah buku. Cara ini juga memiliki manfaat lain yakni membuat ilmu yang baru saja di dapat si kecil lebih melekat di benaknya.

 

9. Berikan Contoh

Anda dapat mencontohkan kepada si kecil bahwa membaca buku itu mengasyikkan. Sesekali saat si kecil sibuk bemain dengan mainannya, Anda bisa duduk di sampingnya kemudian asyik membaca buku. Saat itu letakkan beberapa buku yang cocok untuk si kecil. Nanti lambat laun si kecil akan mengerti bahwa membaca itu mengasyikkan.

Dengan cara ini anak mungkin akan mulai meniru orang tuanya untuk mengambil buku yang telah disiapkan kemudian membacanya.

 

10. Tawarkan Sesuatu

Saat Anak benar-benar susah untuk diajak membaca buku, maka Anda dapat mulai membuatkan penawaran untuknya. Coba berikan penawaran menarik seperti janji besok akan liburan asalkan membaca buku A.

Namun ingat berikan penawaran ini saat suasana hatinya baik. Serta buku yang ditawarkan adalah buku yang sesuai dengannya supaya ia tak sekedar membaca buku yang akhirnya isinya tak bisa ia pahami.

Artikel Rekomendasi

Tinggalkan Balasan