5+1 Cara Mengasah Bakat Menulis Buku Cerita Anak!

cara mengasah bakat menulis buku cerita anak

Cara Mengasah Bakat Menulis Buku Cerita Anak – Bisa menulis buku cerita anak dengan konsep konten yang menarik dan asyik sekaligus unik, tentu impian kita semua sebagai seseorang yang bercita-cita menjadi penulis buku cerita anak yang andal dan yah … terkenal.

Namun, bagaimanakah persisnya cara mengasah bakat menulis buku cerita anak sehingga bisa menghasilkan karya yang luar biasa?

Berikut ini beberapa hal yang bisa Anda lakukan agar bisa menjadi penulis buku cerita anak yang andal.

1. Rajin Membaca

Terutama buku-buku yang bisa menunjang kemampuang mengarang, seperti komik, novel, atau buku lainnya. Dengan membaca, Anda sebagai penulis buku anak akan mendapatkan banyak sekali tambahan kosakata sehingga Anda akan dengan mudah merangkai cerita buku anak.

Dengan kata lain, bila tak memiliki kebiasaan membaca, Anda sebagai penulis buku anak akan menjadi miskin kosakata sehingga tak akan mudah dalam melakukan penulisan buku cerita anak.

2. Keyakinan Utuh dan Kuat

Sebenarnya, semua orang memiliki kemampuan mendasar untuk menulis. Akan tetapi, faktor terkuat seseorang pada akhirnya bisa menjadi penulis adalah ia memiliki keyakinan yang utuh dan kuat untuk menjadi seorang penulis buku cerita anak sehingga melahirkan mindset dan habit yang pekerja keras, pantang menyerah, dan terus berusaha hingga berhasil.

Itulah yang membuatnya berbeda.

Dengan kata lain, Anda bila ingin mengasah kemampuan menjadi seorang penulis buku cerita anak, ya …. Anda harus memiliki keyakinan ayng utuh dan kuat untuk bisa menghadirkan karya yang hebat dan bermanfaat.

 

Baca Juga: 10 Cara Menjadi Penulis Buku Anak

 

3. Kesungguhan untuk Menyelesaikan Apa yang Sudah Anda Mulai

Mengapa banyak yang gagal menjadi seorang penulis buku cerita anak? Tak lain dan tak bukan adalah karena ia tak menyelesaikan apa yang telah ia mulai.

Ia mudah menyerah.

Ia mudah putus asa.

Padahal, jika di tengah jalan Anda menemukan kebuntuan, justru di saat itulah kreativitas Anda sebagai seorang penulis buku cerita anak diuji.

Istirahatlah sejenak, atau kalau perlu, diamkan saja beberapa hari, lalu lanjutkan untuk berkarya lagi.

4. Pentingnya Kerangka Karangan (Outline)

Sebelum menulis buku cerita anak, buatlah terlebih dahulu kerangka tulisan atau yang biasa disebut sebagai outline. Kerangka dapat dengan mudah mengarahkan kita dalam menyelesaikan tulisan.

Bahkan, di saat-saat ide terasa mandeg sekali pun.

5. Terus Berlatih

Latihan sangat diperlukan supaya Anda bisa membuat tulisan yang super baik. Latihan sederhana bisa dilakukan dalam bentuk menulis buku harian atau surat.

6. Asah Imajinasi

Asah terus kemampuan berimajinasi. Asah terus otot fantasimu. Demi apa? Ya … demi menghasilkan cerita anak yang hidup, menarik, sekaligus unik.


Demikianlah beberapa cara mengasah bakat menulis buku cerita anak. Teruslah berkarya, karena kunci sukses untuk menjadi penulis buku cerita anak adalah niat, ketekunan berlatih, dan semangat yang kuat untuk mencapai apa yang Anda inginkan.

Pembahasan lebih lengkap mengenai hal tersebut sudah kami rangkumkan dalam postingan Cara Menulis Buku Anak: 19+1 Panduan Super Lengkap!

Selamat berkarya!

Artikel Rekomendasi

Tinggalkan Balasan