9+1 Cara Mengembangkan Bakat Menulis Anak!

Cara Mengembangkan Bakat Menulis Anak

Cara Mengembangkan Bakat Menulis Anak – Hari-hari ini, telah hadir generasi penulis cilik baru yang berhasil menorehkan karya yang sesuai dengan karakter usia mereka. Ditulis oleh mereka dengan target pembaca seusia mereka. Sungguh sebuah perkembangan dunia penulisan yang begitu hebat!

Para penulis cilik tersebut telah mewarnai khazanah cerita anak di negeri ini. Bagaimana tidak, tingginya minat anak-anak untuk terjun menjadi penulis cilik adalah buah dari tingginya minat baca mereka dan betapa hebatnya daya imajinasi mereka. Perlu dimaklumi, karena ya memang membaca bisa membuat imajinasi mereka berkembang, yang kemudian mereka tuangkan ke dalam bentuk cerita dan dibukukan.

Lalu, bagaimana cara mengembangkan bakat menulis anak?

Tentu saja, memerlukan peran orang atau pihak lain, yang dalam hal ini adalah orang tua, guru, serta penerbit. Karena usia penulis cilik yang memang masih membutuhkan bimbingan dan arahan, walaupun bakat mereka luar biasa.

 

Peran Orang Tua dan Guru dalam Mengembangkan Bakat Menulis Anak

Agar anak dapat menghasilkan karya yang hebat, guru dan orang tua perlu memberikan fasilitas penunjang.

Orang tua yang ingin mengembangkan miant menulis pada anak bisa menyodorkan buku-buku yang baik, termasuk karya sastra, untuk memperkaya wawasan anak. Tentu saja, buku yang diberikan perlu disesuaikan dengan umur anak.

 

Baca Juga: 10 Manfaat Mengenalkan Anak dengan Buku

 

Orang tua juga sebaiknya tidak memaksa anak menulis hanya supaya karyanya bisa diterbitkan. Biarkan anak menikmati proses menulis.

Mengapa?

Karena segala sesuuatu yang dilakukan dengan perasanaan riang, senang, gembira, tanpa tekanan, pasti akan memberikan hasil yang lebih baik daripada sesuatu yang dilakukan atas dasar paksaan.

Tugas orang tua adalah memberikan semangat dan fasilitas pendukung.  Selain orang tua, guru juga memiliki peran yang sangat besar dalam mengembangkan keahlian menulis anak.

Caranya bagaimana?

Guru bisa membiasakan anak meminjam dan membaca buku di perpustakaan sekolah, serta memberi latihan membuat resensi atau karangan.

Nah, kegiatan seperti ini bisa membangkitkan anak dan semakin mengasah keterampilannya.

 

Peran Penerbit dalam Mengembangkan Bakat Menulis Anak

Munculnya penulis dari kalangan anak-anak akan menjadi motivasi dan juga inspirasi bagi anak-anak sebayanya untuk melakukan hal yang sama.

Sayangnya, mereka kadang masih malu untuk mengekpreksikan diri. Selain itu, ada kekhawatiran karyanya tidak cukup baik dan ditolak oleh penerbit.

Sudah saatnya anak-anak kita dengar dan apresiasikan keinginannya, sambil kita arahkan untuk menghasilkan karya yang optimal.

Karya yang dihasilkan anak-anak tentu berbeda dengan karya orang dewasa. Dalam hal ini, perlu ada kebijakan dari penerbit agar tidak menerapkan kebijakan mengedit naskah anak-anak.

Sebaiknya, editor yang menggarap karya anak tidak terlalu bayak memberikan sentuhan editing yang brutal banget. Biarkan karya mereka seutuhnya sesuai dengan kreasi sang anak.

Cara Mengembangkan Bakat Menulis Anak

Mungkin, baik juga bila sang anak melengkapi tulisannya dengan ilustrasi mereka sendiri. Hal ini akan makin memperlihatkan akrakter khas anak-anaknya.

Jangan lupa memberikan penilaian pada hasil karya anak. Hal itu akan membantunya mengembangkan diri. Perlu diingat, jangan memberikan penilaian jelek atau buruk karena hal itu dapat mematikan potensi anak dalam menulis.

Potensi anak-anak perlu senantiasa dipupuk, diarahkan, dan dikembangkan lewat motivasi serta fasilitas untuk terus berkarya.

Selain itu, penulis ciik perlu diberi wadah komunitas sebagai ajang saling bertukar informasi dengan sesama penulis cilik.

 

Baca Juga: Cara Menumbuhkan Minat Baca Anak Usia Dini

 

10 Cara Mengembangkan Bakat Menulis Anak

Jadi, kalau diringkas mengenai cara membangkitkan dan mengembangkan bakat menulis anak adalah sebagai berikut:

  1. Rangsang anak untuk gemar membaca, baik buku fiksi anak, komik, ataupun buku-buku ilmu pengetahuan.
  2. Mendongenglah untuk anak. Selain dapat mempererat hubungan antara orang tua dan anak, hal ini juga bisa membangkitkan minat anak untuk menulis. Buku mendongeng yang bagus, bisa membaca karya-karya Andersen.
  3. Berikan fasilitas berupa buku cerita, dongeng, atau lainnya. Dari sini, anak dapat mengenal beragam bacaan yang mungkin bisa membangkitkan minatnya. Secara berkala, ajak anak ke toko buku. Beri mereka kebebasan untuk memilih buku-buku yang ia sukai.
  4. Ketika anak sudah menunjukkan minat menulis, dorong ia untuk membuat sebuah tulisan. Caranya, bisa dengan memintanya menuliskan kegiatan sehari-hari di buku harian. Yakinkan anak bahwa ia bisa menulis dan menyelesaikan tulisannya.
  5. Rangsang fantasi anak. Biarkan ia membaca buku-buku fantasi, kemudian ajak ia berlatih menulis cerita fantasi ala mereka.
  6. Ajak anak pergi ke tempat-tempat sarat inspirasi seperti pantai, gunung, atau pameran buku untuk merangsang kepekaannya. Ingat, penulis butuh kepekaan. Bila kepekaannya kuat, akan makin baik karya yang dihasilkannya.
  7. Berikan latihan. Misal, dengan memberikan 15 kata yang harus dirangkai menjadi satu kalimat. Latihan seperti ini membuat anak-anak semakin mahir merangkai tulisan.
  8. Jangan pernah meremehkan karya anak. Beri ia penghargaan dan dorongan untuk terus berlatih supaya semangat menulisnya tidak luntur. Bukankah dengan giat berlatih kemampuan anak akan semakin terasah?
  9. Kumpulkan hasil karya anak dan ikut sertakan pada lomba mengarang. Atau, pada pertemuan orang tua-guru, usulkan agar pihak sekolah mengadakan lomba mengarang. Anda juga bisa meminta guru untuk lebih memberikan perhatian pada pelajaran mengarang.
  10. Dorong Anak agar berani mempublikasikan hasil karyanya di media massa atau mengirimkan karyanya ke penerbit.

Demikian pembahasan mengenai cara mengembangkan bakat menulis anak. Jika Anda tertarik untuk memahami cara menulis buku anak, silakan buka tautan tersebut.

Artikel Rekomendasi

1 Komentar

  1. […] Dini Oktober 15, 2020 Cara Mengasah Bakat Menulis Buku Cerita Anak September 26, 2020 10 Cara Mengembangkan Bakat Menulis Anak September 12, 2020 10 Cara Menjadi Penulis Buku […]

Tinggalkan Balasan