Cara Menjadi Penulis Buku Anak

9+1 Cara Menjadi Penulis Buku Anak: Formula Rahasia!

Cara Menjadi Penulis Buku Anak – Ada banyak alasan seseorang menerjunkan dirinya menjadi penulis buku anak. Sejumlah penulis berangkat menjadi penulis buku anak karena merasa hanya ada sedikit buku anak berkualitas baik yang tersedia sesuai harapan mereka.

Salah satu penulis yang melakukan itu adalah Arleen Amidjaja.

Ia memilih menjadi penulis buku anak awalnya karena tidak menemukan buku bilingual anak sebagaimana yang ia inginkan.

Alasan lain yang mungkin membuat penulis buku anak memilih jalan hidupnya sebagai penulis yakni lantaran mereka sejak awal memang memiliki ketertarikan untuk menulis buku jenis ini.

Apa pun alasan Anda tertarik untuk menulis buku anak. Berikut ini sejumlah cara mengenai, bagaimana cara menjadi penulis buku anak yang cocok dipelajari bagi pemula.

Sepuluh cara menjadi penulis buku anak berikut mungkin bisa Anda ikuti untuk mulai menjadi penulis buku anak yang profesional dan yah, bonusnya adalah terkenal tentu saja.

1. Ketahui Target Pembaca

Sebelum menulis buku anak terlebih dahulu tentukan, usia berapa anak yang ingin Anda jadikan pembaca buku Anda nantinya.

Anda dapat mengelompokkan usia pembaca anak Anda, misal:

  • Anak umur 0-2 tahun
  • Anak umur 2-6 tahun
  • Anak umur 7-11 tahun
  • Anak di atas 12 tahun

Pengelompokan umur bermanfaat untuk menyesuaikan isi buku yang ditulis dengan usia anak-anak yang menjadi target pembaca . Misal, untuk anak usia 0-2 tahun lebih maka pembuatan buku anak nantinya lebih banyak ilustrasinya.

Pengelompokan usia sangat penting bagi sebuah buku anak. Tentu saja, ini karena anak-anak memiliki tingkat pemahaman yang berbeda-beda tergantung dengan usianya.

Pengelompokan usia ini juga penting bagi Anda untuk menentukan seperti apa gaya bahasa yang dipakai nantinya.

2. Tentukan Genre Buku yang Ingin Ditulis

Saat ingin menulis buku tentukan dahulu genre apa yang ingin Anda tulis. Dengan menentukan genre, maka penulisan akan lebih fokus.

Genre buku yang ingin ditulis misalnya apakah buku berupa dongeng, fiksi misteri, petualangan, science-fiction, dan sebagainya.

Apabila kita ingin menulis buku anak genre science-fiction misalnya, maka upaya kita untuk mempersiapkan proses penulisan bisa dilakukan dengan mulai memperdalam hal-hal yang mendukung proses penulisan tersebut.

Seperti mempelajari jurnal-jurnal penelitian atau memperbanyak membaca buku-buku pengetahuan sebagai referensi.

Cara Menjadi Penulis Buku Anak

3. Buat Kerangka Cerita

Apabila Anda adalah penulis pemula, Anda sebaiknya menggunakan kerangka cerita saat akan menulis buku.

Membuat kerangka adalah salah satu cara yang banyak disarankan oleh para penulis profesional.

Kerangka cerita akan membantu buku lebih terarah sehingga tidak ngelantur ke mana-mana.

Memang menulis tanpa ada patokan apa pun dapat membantu cerita yang ditulis penuh ide-ide yang fresh. Akan tetapi, kerangka cerita tetap penting agar buku dapat selesai sesuai yang ditargetkan baik waktunya maupun tujuan dari isi buku.

Untuk membuat kerangka cerita, caranya bisa di-list terlebih dahulu apa saja nanti yang ingin disampaikan. Ada berapa sub judul nantinya.

Kerangka dapat berupa poin-poin yang ingin Anda tuliskan. Adapun nantinya saat proses penulisan, Anda tinggal mengembangkan isi dari poin-poin tersebut.

4. Tentukan Karakter

Menentukan karakter adalah salah satu trik penting untuk jenis buku anak yang berupa cerita.

Menentukan siapa saja tokoh yang ada dalam buku dan bagaimana karakter masing-masing tokoh di awal sebelum menulis, menjadi penting agar watak tokoh dalam buku tidak saling tertukar karakternya.

Jika sikap-sikap karakter tokoh dalam cerita spesifik dan khas maka cerita yang dibangun tidak rancu, dan mudah untuk diingat.

Cerita juga akan berjalan lebih natural, karena sebagaimana kehidupan nyata, setiap manusia selalu memiliki karakter khasnya masing-masing.

5. Pilih Pesan Moral yang Ingin Disampaikan

Menentukan pesan moral pada awal sebelum penulisan juga menjadi salah trik penting untuk penulis buku anak.

Sebagaimana diketahui, anak-anak akan mempelajari mengenai apa saja yang mereka baca, lihat dan dengar. Pun dengan buku yang kita buat nanti.

Karena itulah, tentunya setiap penulis buku anak memiliki tanggung jawab moral untuk ikut mendidik anak-anak melalui buku yang ia buat.

Sehingga sejak sebelum mulai menulis, catatlah pesan-pesan moral apa yang ingin Anda selipkan dalam buku anak yang nantinya mereka baca.

6. Gunakan Nama yang Mudah Diingat

Meski terlihat sepele, memilih nama tokoh dalam buku anak adalah sesuatu yang cukup penting.

Hal itu, karena nama karakter yang unik, sederhana, muda dieja dan diingat, membuat anak-anak lebih mudah mengingat untuk mengingatnya.

Termasuk memudahkan mereka mengingat isi cerita dalam buku itu.

Harapannya tentu saja nama ini juga akan membantu anak-anak lebih mudah mengingat dan menangkap pesan moral dari buku yang mereka baca.

7. Bayangkan Tokoh Cerita sebagai Anak-Anak yang Anda Kenal

Salah satu strategi khusus untuk penulis buku anak adalah dengan menempatkan anak-anak yang Anda kenal sebagai tokoh dalam buku anak Anda.

Dengan meletakkan mereka sebagai bagian karakter cerita, akan membantu Anda mudah membayangkan.

Hasilnya buku anak akan lebih cepat selesai, karena penulisan lebih terasa mengalir karena kita seolah telah mengenal tokoh secara langsung.

Karena itulah, saat Anda punya niat menulis buku anak maka perbanyaklah bergaul dengan anak-anak.

Pahami mereka dengan baik agar Anda juga mengerti bagaimana cara menyampaikan kata-kata yang nantinya mudah untuk mereka mengerti.

8. Minta Orang Lain Membaca Tulisan Anda

Saat buku anak Anda sudah jadi maka mintalah orang lain untuk membaca buku cerita yang telah Anda buat.

Fungsi orang lain membaca buku ini adalah agar kita dapat memperkirakan bagaimana respons pasar nantinya. Meskipun belum tentu ini bisa jadi patokan.

Setidaknya dengan meminta orang lain membaca karya kita, kita bisa meminta pendapatnya mengenai hal-hal yang sekiranya perlu diperbaiki dan ditambahkan.

Selain itu mereka bisa menjadi selayaknya editor sebelum Anda benar-benar berhadapan dengan editor asli saat naskah buku anak nantinya dikirim ke penerbit.

9. Membaca Buku Anak Sebanyak-Banyaknya

Untuk dapat menulis buku anak, maka salah satu cara yang penting adalah kita juga memperbanyak bacaan buku anak-anak. Selain itu, juga bisa mengambil beberapa role model penulis buku Anak inspiratif yang ada di Indonesia dan juga luar negeri.

Membaca buku ini dapat membantu kita menambah refrensi penulisan. Sekaligus membantu untuk melihat pasar bagi buku anak yang dibuat.

Membaca pasar buku yang akan diterbitkan cukup penting karena tentunya kita ingin buku yang kita buat lebih banyak sampai ke tangan pembaca, bukan?

Untuk membaca pasar, Anda dapat memantaunya melalui media sosial, atau datang langsung ke toko-toko buku di beberapa wilayah.

10. Tetapkan Target Waktu

Menetapkan target waktu untuk penulisan buku amatlah penting. Ada beberapa manfaat ketika kita menentukan target waktu:

  • Bersemangat untuk cepat-cepat menyelesaikan
  • Membantu diri berkomitmen untuk menyelesaikan karya
  • Membantu menilai kualitas diri saat menulis
  • Aktivitas penulisan menjadi lebih tertarget
  • Bisa menjawab pertanyaan penggemar yang mungkin telah lama menantikan buku kita.

Demikian pembahasan mengenai cara menjadi penulis buku anak. Pembahasan ini tentu akan menjadi pembahasan yang sangat penting bagi Anda yang ingin sekali menjadi seorang penulis buku anak.

Kami sangat membuka diskusi. Oleh karena itu, jika Anda ingin mengajukan pertanyaan, silakan isi di kolom komentar, ya. Dan bila ingin lebih jauh menjadi penulis buku anak, tentu saja pelajari Cara Menulis Buku Anak yang sudah kami rangkumkan sebaik mungkin dan bisa Anda pelajari dan praktikkan.

Selamat berkarya!

3 komentar untuk “9+1 Cara Menjadi Penulis Buku Anak: Formula Rahasia!”

  1. Ping-kembali: Cara Mengasah Bakat Menulis Buku Cerita Anak » Penerbit Buku Anak

  2. Ping-kembali: 9+1 Inspirasi Ilustrasi Buku Anak yang Keren Banget! » Penerbit Buku Anak

  3. Ping-kembali: √ 9+1 Inspirasi Ilustrasi Buku Anak yang Keren Banget! » Penerbit Buku Anak

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *