7+1 Cara Menyalurkan Hobi Menulis

Cara Menyalurkan Hobi Menulis

Cara Menyalurkan Hobi Menulis – Saat menulis buku sudah menjadi hobi, mudah bagi kita untuk terus mengalirkan ide-ide tulisan serta merangkainya menjadi kalimat-kalimat apik. Tak banyak orang yang berhasil sampai di tahap ini.

Ide-yang meluap-luap adalah anugerah bagi penulis sehingga sudah seharusnya ide tersebut disalurkan untuk membentuk bait-bait tulisan.

Meski demikian, tak dipungkiri, tidak selamanya kita selalu dapat menyalurkan hobi sebagai penulis buku. Sejumlah aktivitas lain seperti harus mengurus rumah atau adanya pekerjaan lain  yang juga menuntut untuk dipedulikan, hobi untuk menulis buku anak mungkin sulit untuk tersalurkan.

Nah, berikut ini sejumlah saran mengenai cara menyalurkan hobi sebagai penulis buku anak

1. Selalu Siapkan Buku Kecil dan Bolpoin di Saku

Sebagai penulis, menyiapkan buku kecil dan bolpoin bisa menjadi salah satu penyalur ide. Seringkali ide untuk menulis tiba-tiba datang beruntun di kepala ketika kita tengah bepergian atau mungkin sedang makan di di pojok sebuah cafe.

Saat itulah gunanya buku kecil dan bolpoin. Catatlah ide-ide yang melintas tersebut. Ini akan sangat membantumu dalam proses penulisan nantinya.

Jika dibiarkan ide akan menguap, namun dengan ditulis kita akan lebih mudah ingat. Saat kita benar-benar punya waktu, nantinya ide tersebut bisa kita susun kembali menjadi susunan kata.

2. Buat Jadwal

Tuliskan poin-poin yang ingin kita lakukan dalam catatan jadwal harian. Kita bisa mencatatnya dalam handphone.

Selipkan 1 hingga 2 jam waktu khusus untuk menulis. Selanjutnya patuhi segala jadwal dengan disiplin.

Dengan begitu kita bisa rutin menyalurkan hobi kita sebagai penulis buku bacaan anak sebagaimana peluangan waktu yang kita berikan bagi hobi tersebut.

3. Manfaatkan Aplikasi Berbagi Cerita

Aplikasi untuk menulis cerita seperti Wattpad akan membantu kita untuk menyalurkan hobi sebagai penulis buku anak.

Dengan menulis di aplikasi tersebut kita bisa lebih termotivasi. Ini karena sudah ada pembaca setia di sana yang akan menunggu kita untuk lekas menyalurkan hobinya.

Pun jika tak ingin langsung membocorkan karya ke publik, kita bisa mengeset postingan karya secara pribadi.

Dengan adanya aplikasi menulis semacam itu kita lebih mudah untuk menyalurkan hobi di mana pun dan kapan pun.

4. Miliki Blog atau Website Pribadi

Saat memiliki hobi menulis memiliki blog atau website pribadi rasanya menjadi suatu keharusan. Dengan blog kita dapat menuliskan pokok-pokok ide penulisan buku kita di situ.

Atau malah menuliskan seluruh tulisan di dalamnya. Sayangnya, untuk opsi ini harus hati-hati karena mudahnya plagiasi yang dilakukan di internet.

Memiliki blog maupun web pribadi juga bisa menjadi sarana kita mem-branding diri sebagai penulis. Karena itu jangan sepelekan menulis di blog.

5. Buat Kerangka Penulisan

Membuat kerangka tulisan tentunya penting untuk siapa pun yang tengah berencana membuat sebuah buku. Adanya kerangka tulisan, membantu penyaluran hobi menulis kita menjadi lebih terarah.

Jika tidak membuat kerangka, bisa-bisa kita terjebak dengan ide yang melompat-lompat namun tak saling berkesinambungan. Jika itu terjadi, sudah bisa dipastikan tulisan kita tak akan pernah selesai.

Memiliki hobi menulis itu baik, namun tentunya menyelesaikan tulisan  jauh lebih baik.

6. Miliki Teman yang Bersedia Membaca Karya Kita

Memiliki teman yang mau membaca karya kita, akan sangat baik bagi perkembangan diri sebagai penulis. Darinya kita bisa mendapat kritikan-kritikan yang membangun yang akan semakin memperbaiki kualitas tulisan kita.

 

Sehobi apa pun kita untuk menulis, belum tentu kualitas menulis buku anak kita semakin baik. Dengan adanya kritik yang membangun dari pembaca terdekat akan memberitahu kita kesalahan-kesalahan yang mungkin terlewatkan. Hikmahnya tentu kualitas penulisan menjadi meningkat.

Dengan memiliki teman yang jadi pembaca awal naskah kita, hikmah lain yang bisa didapat, kita bisa mendapatkan masukan-masukan yang akan menjadikan karya semakin lebih baik.

hobi menulis

7. Jalin Kerja Sama dengan Penerbit

Penulis yang telah memiliki beberapa karya, biasanya lebih mudah mendapatkan pesanan tulisan dari penerbit. Saat ini terjadi, biasanya penerbit telah memiliki tenggat waktu tulisan yang harus diselesaikan.

Menjalin kerja sama dengan penerbit tentunya mudah bagi yang hobi menulis buku anak untuk menyalurkan hobinya.

Hobi menjadi terarah. Pasalnya kita sudah tahu bahwa ujung dari hobi kita ini nantinya sudah ada yang menunggu.

Hikmahnya tentu saja, kita lebih bersemangat untuk menyelesaikan buku tersebut. Nggak hanya sekedar menjadi kumpulan ide yang tertuang dalam tulisan namun tak selesai-selesai dan akhirnya dilupakan.

8. Miliki Media Sosial

Memiliki media sosial bisa membantu kita menyalurkan hobi menulis buku anak. Ini bukan berarti kita membuat status atau menerbitkan catatan yang isinya tulisan yang akan kita jadikan buku.

Akan tetapi, di media sosial kita bisa melempar umpan, ide pokok dari tulisan. Selanjutnya kita bisa meminta para pengikut untuk memberikan pendapatnya kira-kira apakah mereka bersedia menunggu dan apakah tulisan yang kita buat menarik.


Demikian pembahasan mengenai cara menyalurkan hobi menulis. Jangan lupa, silakan klik tautan berikut untuk belajar Cara Menulis Buku Anak. Ada banyak tips menarik yang bisa kamu telaah untuk belajar menulis buku anak.

Artikel Rekomendasi

5 Komentar

  1. […] Buku September 1, 2020 10 + 1 Manfaat Membacakan Buku untuk Anak September 1, 2020 Cara Menyalurkan Hobi sebagai Penulis Buku Anak Agustus 31, 2020 Cara Memilih Penerbit Buku […]

  2. […] Buku September 1, 2020 10 + 1 Manfaat Membacakan Buku untuk Anak September 1, 2020 Cara Menyalurkan Hobi sebagai Penulis Buku Anak Agustus 31, 2020 Cara Memilih Penerbit Buku […]

  3. […] Buku September 1, 2020 10 + 1 Manfaat Membacakan Buku untuk Anak September 1, 2020 Cara Menyalurkan Hobi sebagai Penulis Buku Anak Agustus 31, 2020 Cara Memilih Penerbit Buku […]

  4. […] Buku September 1, 2020 10 + 1 Manfaat Membacakan Buku untuk Anak September 1, 2020 Cara Menyalurkan Hobi sebagai Penulis Buku Anak Agustus 31, 2020 Cara Memilih Penerbit Buku […]

  5. […] Buku September 1, 2020 10 + 1 Manfaat Membacakan Buku untuk Anak September 1, 2020 Cara Menyalurkan Hobi sebagai Penulis Buku Anak Agustus 31, 2020 Cara Memilih Penerbit Buku […]

Tinggalkan Balasan