Daftar Film Animasi untuk Anak Inspiratif dan Aman Ditonton

film animasi untuk anak

Film Animasi untuk Anak – Apabila orang tua ingin mencarikan film kartun untuk anaknya, maka orang tua bisa memberikan film-film kartun yang popular pada era 80-90 an.

Pasalnya film kartun di era ini terkenal sebagai era di mana banyak muncul film kartun yang bagus.

Di bawah ini ada sejumlah film kartun yang mana merupakan besutan dua studio animasi besar dunia yakni Disney dan Ghibli.

Film kartu berikut memiliki banyak pesan moral yang baik yang akan sangat cocok disaksikan oleh anak-anak.

 

Film Animasi dari Disney

Animasi-animasi Disney selalu memiliki kualitas yang tak perlu diragukan lagi. Animasi yang diproduksi oleh studio Amerika ini biasanya asal cerita berasal dari cerita negeri dongeng yang sarat akan makna. Berikut film animasi tersebut:

1. The Little Mermaid

Film kartun The Little Mermaid pertama kali ditayangkan di bioskop pada tahun 1989 dan diputar ulang pada tahun 1997.

Cerita The Little Mermaid diadaptasi dari dongeng yang ditulis oleh Hans Chrisstian Andersen. Film animasi ini berkisah mengenai ariel si putri duyung yang mulai bosan dengan kehidupan bawah laut dan ingin melihat dunia manusia.

Ia kemudian ditemani oleh Flounder berenang ke permukaan laut untuk mencari tahu kehidupan manusia.

Saking penasarannya ia mengumpulkan berbagai barang dari kapal-kapal karam.

Singkat cerita ia kemudian bertemu penyihir jahat supaya mengubahnya menjadi manusia agar ia bisa bersanding dengan pangeran yang ia cintai.

2. Beauty and the Beast

Film animasi selanjutnya yang baik adalah Beauty and The Beast. Film tersebut merupakan animasi yang menceritakan mengenai Belle yang hidup di kota kecil Perancis.

Suatu kali ayah Belle yang merupakan penemu diserang kawanan serigala. Ia kemudian berlari ke sebuah istana yang ternyata berisi binatang buas bernama Beast.

Beast marah dengan kehadiran ayah Belle yang datang tanpa izin. Akibatnya ayah Belle dikurung. Belle kemudian datang untuk menyelamatkan ayahnya dengan berjanji bersedia menukar dirinya.

Beast jatuh hati dengan Belle dan suatu hari Belle berusaha kabur dari serangan serigala. Saat itulah Beast menolongnya. Pelan-pelan Belle tersentuh dengan ketulusan Beast hingga ia timbul rasa sayang di hatinya.

3. Aladdin

Film animasi terbaik dari Disney selanjutnya adalah Aladdin. Aladdin bercerita tentang seorang pemuda yang baik hati yang memiliki seekor monyet.

Suatu kali, Aladdin bertemu dengan seorang putri sultan bernama Jasmine dan Aladdin jatuh hati padanya.

Suatu ketika ia dimanfaatkan oleh Jafar seseorang yang jahat yang memintanya mengambil harta karun dari tempat berbahaya.

Singkat cerita Aladdin terjebak dalam ruang harta karun itu dan tak bisa keluar.

Namun saat itulah ia menemukan lampu ajaib yang jika digosok akan mengeluarkan jin

 

film animasi anak yang aman

 

Film Animasi dari Studio Ghibli

Film animasi anak selanjutnya yang menarik untuk disaksikan si kecil adalah animasi buatan Studio Ghibli.

Ghibli merupakan studio animasi Jepang yang banyak dipuji oleh berbagai negara dunia. Studio ini didirikan tahun 1985 oleh Hayao Miyazaki.

Berikut ini sejumlah film animasi terbaik untuk anak dari Studio Ghibli:

1. Grave of the Fireflies

Makna dari Grave of the Fireflies adalah kuburan kunang-kunang. Cerita ini berkisah mengenai kasih sayang dan diproduksi pada tahun 1988.

Film animasi ini berlatar era perang dunia kedua saat AS menyerang Jepang. Cerita ini adalah tentang kakak beradik korban perang yang berusaha bertahan hidup.

Kakak beradik ini bernama Setsuko dan Seita yang mengungsi akibat serangan udara menghancurkan rumah warga setempat.

Akibat kejadian itu, ibu mereka terluka dan meninggal dunia.

Hati-hati karena kisah ini akan membuat banjir air mata. Makna film adalah memberikan pelajaran bahwa perang hanya akan membuat orang-orang sengsara.

2. My Neighboor Totoro

Film animasi ini memiliki karakter utama Totoro yang juga menjadi maskot Studio Ghibli. Film tersebut bercerita mengenai dua gadis kakak beradik Satsuki dan Mei.

Keduanya pindah di sebuah desa agar bisa sering mengunjungi sang ibu yang tengah sakit.

Suatu kali Mei menemukan makhluk mirip kucing yang ternyata perwujudan dari roh atau peri penjaga yang tinggal di hutan.

3. Princess Mononoke

Film ini memiliki unsur-unsur fantasi dan kearifan lokal warisan budaya tradisional Jepang. Sebagai contoh, Mononoke merupakan istilah yang biasa dipakai dalam Bahasa Jepang yang berarti roh atau raksasa.

Cerita ini bermula dari Ashitaka yang melakukan perjalanan untuk melepas kutukannya. Kutukan sendiri ia dapatkan usai membunuh siluman

Suatu hari ia pergi dan tak sengaja bertemu Eboshi. Eboshi memiliki musuh yang sangat ingin membunuhnya yakni Princess Mononoke. Film ini karya dari Miyazaki yang rilis tahun 1997.

 

Baca juga: Penerbit Buku Anak Jogja Paling Sukses

 

Film Animasi Lain

Film animasi lainnya selain yang dikeluarkan dua studio di atas, juga ada sejumlah animasi lain yang tak kalah bagusnya.

Di antaranya adalah film animasi The Good Dinosaur besutan Pizar mengenai Dinosaurus yang hidup jutaan tahun lalu.

Dalam film ini dinosaurus digambarkan memiliki keluarga layaknya manusia.

Film animasi yang lain adalah Kung Fu Panda. Film ini pertama  tayang yakni tahun 2008 dan merupakan film non-sekuel Dreamworks.

Film ini berkisah tentang sosok Po yang kuat dan punya keinginan kuat dan memiliki kemauan besar.

Kung Fu Panda akan mengajarkan arti pentingnya menggapai mimpi dan cita-cita serta mengajarkan semangat pantang menyerah. Baca juga Film Kartun Inspiratif dan Mendidik untuk Anak sebagai pelengkap bacaan tentang tontonan terbaik untuk buah hati kita.

Artikel Rekomendasi

Tinggalkan Balasan