film kartun anak

Film Kartun Anak yang Mendidik & Inspiratif!

Film Kartun Anak – Aktivitas menonton adalah aktiitas yang bisa dinikmati orang tua bersama si kecil. Meski demikian, tontonan yang digunakan seharusnya merupakan tontonan yang berkualitas dan mendidik.

Karena itulah sebagai orang tua harus memfilter tayangan apa saja yang bisa dinikmati si kecil. Sesuaikan pula tontonan untuk si kecil dengan usianya. Salah satu tayangan yang pas untuk dilihat bersama si kecil adalah film kartun.

Film kartun memiliki bentuk yang lucu dan unik. Melalui film kartun, orang tua bisa mendidik anak mereka dengan baik. Tentunya hal ini dilakukan dengan memilihkan film kartun anak yang benar-benar mendidik.

Maka alangkah baiknya sebelum memulai memberikan tontonan pada si kecil orang tua mulai mensurvei dulu tontonan tersebut.

Berikut ini  sejumlah film kartun yang cocok disaksikan oleh si kecil:

 

1. Zootopia

Film kartun Zootopia adalah film kartun anak yang cukup mendidik dan lucu. Film ini begitu cocok disaksikan oleh buah hati.

Cerita ini adalah mengenai kota modern bernama Zootopia yang dihuni oleh para hewan yang hidup layaknya manusia dengan beragam profesinya.

Suatu kali di kota tersebut hiduplah seekor kelinci mungil bernama Judy Hopps.

Kelinci tersebut bercita-cita menjadi seorang polisi. Akan tetapi, orang-orang di sekitarnya menertawakannya dan memintanya memendam impian tersebut.

Di tengah keraguan orang-orang terhadapnya, Jody tak pernah menyerah.

Ia selalu berusaha hingga akhirnya berhasil. Setelah lulus ia diterima bertugas sebagai polisi di Zootopia Police Department (ZPD).

Saat bekerja ia kemudian bertemu dengan rubah yang gemar menipu bernama Nick. Nick adalah sosok yang selalu membuatnya kesal.

Suatu kali, Judy diminta memecahkan kasus sulit dalam waktu kurang dari 48 jam. Jika gagal Judy diharuskan mundur dari pekerjaannya.

Karena tak ingin apa yang diimpikan selama ini hancur begitu saja, ia pun berusaha keras.

Saat sedang dalam perjalanan, Judy bertemu Nick yang mau membantunya.

Akhirnya mereka bekerja sama. Saat itulah keduanya meskipun sering bertengkar pada akhirnya mereka menjadi teman.

Pelajaran berharga dari kartun ini adalah seseorang harus terus berupaya mengejar mimpinya. Selain itu, persahabatan selalu bisa muncul asalkan seseorang mau membuka diri untuk berteman. Lewat film ini anak-anak akan diajarkan cara menghargai persahabatan.

 

Baca Juga: Penerbit Buku Anak Jogja

 

2. The Lion King

The Lion King merupakan film animasi Disney pertama yang tidak dibuat berdasarkan dongeng. Film ini memenangi dua penghargaan Academy Awards yang pertama untuk Best Original Score dan Best Song.

Cerita The Lion King berkisah tentang Simba yang merupakan anak singa muda yang kehilangan ayah dan tanah kelahirannya. Sang paman yang ingin mendapatkan tahta raja hutan yang sebelumnya dipegang ayah Simba, menipu Simba.

Saat Simba dewasa, ia berjuang untuk merebut apa yang seharusnya menjadi miliknya. Ia pun dibantu oleh teman-temannya.

Film The Lion King mengajarkan kepada anak-anak untuk menjadi berani ketika menegakkan keadilan. Selain itu film ini juga mengajarkan mengenai kepemimpinan dan agar bertanggung jawab pada kewajibannya.

 

3. Finding Nemo

Film Finding Nemo dirilis pada tahun 2003 dan termasuk film terbaik yang pernah memenangkan penghargaan Academy Awards dan juga Golden Globe.

Film Finding Nemo bercerita mengenai seekor ikan badut bernama Marlin yang berkelana di laut lepas guna mencari anaknya, Nemo.

Nemo hilang karena bermain terlalu jauh, hingga akhirnya ia ditangkap penyelam.

Film ini menunjukkan sisi kasih sayang ayah pada anak.

 

Baca Juga: Kumpulan Cerita Lucu Anak yang Keren dan Inspiratif!

 

4. Mary and The Witch’s Flower

Film kartun ini berkisah tentang Mary yang memiliki rambut merah. Suatu ketika Mary masuk ke dalam hutan gara-gara mengejar dua kucing yang satu berwarna hitam, sedangkan yang satunya berwarna abu-abu.

Ketika di hutan Mary menemukan sebuah bunga cantik yang kemudian dipetiknya.

Keesokan harinya ia menemukan sapu yang bisa terbang akibat pengaruh sihir bunga yang ditemukannya.

Bersama si kucing hitam, Mary kemudian mengendarai sapu itu dan dirinya terbang hingga ke sebuah sekolah sihir Endor College.

Di sana Marry diberi formulir pendaftaran sekolah sihir. Singkat cerita Mary tidak ingin bersekolah di sana. Namun kepala sekolah jusru menculik Peter yang merupakan temannya.

Hikmah dari kisah ini adalah mengajarkan kepada si kecil mengenai rasa tanggung jawab, serta mengajarkan arti pentingnya kejujuran.

 

menonton film kartun

 

5. Brave

Film kartun anak mendidik selanjutnya adalah Brave. Brave berkisah mengenai seorang putri bernama Merida.

Merida seorang putri, namun ia sangat tomboy dan gemar berpetualang. Ia juga merupakan seorang pemanah yang handal.

Keluarga Merida menjalin hubungan baik dengan tiga klan yang masing-masing klan itu memiliki anak laki-laki.

Sang ayah kemudian membuat kompetisi panahan di mana si pemenang nantinya akan menikahi Merida..

Merida tidak setuju, ia justru berniat mengikuti perlombaan memanah itu sendiri.

Sang ibu yang mengetahui rencana tersebut marah dan membuang busur panahnya ke dalam perapian.

Merida kecewa dan marah pada ibunya. Ia lantas berlari ke hutan dan bertemu seorang penyihir. Kepada penyihir itu ia meminta sebuah mantra untuk mengubah ibunya.

Awalnya si penyihir menolak namun setelah dibujuk ia akhirnya bersedia.

Merida pun kembali ke istana dan memberi sang ibu kue yang sudah dimantrai.

Merida terkejut saat melihat ibunya ternyata berubah menjadi beruang. Ia menyesal, dan khawatir ayahnya akan tau lalu marah. Ia juga khawatir jika ayahnya melihat beruang di istana maka akan langsung dibunuhya.

Merida pun kembali ke hutan bersama beruang hitam yang tak lain adalah ibunya.

Sayangnya saat ia ke tempat penyihir, penyihir itu telah pergi dan meninnggalkan sebuah pesan agar Merida melakukan perbaikan supaya situasi kembali normal.

Cerita ini mengajarkan kepada anak bahwa mereka harus menyanyangi orang tuanya selain itu mengajarkan agar seorang anak tidak mudah marah dan bertanggung jawab.

***

Demikian beberapa rekomendasi film kartun anak yang bisa Anda tonton bersama si kecil. Selain bisa menikmati family time berkualitas, juga dari filmnya sendiri mengajarkan banyak hal baik yang bisa membentuk karakter anak menjadi lebih berbudi luhur.

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *