8 Tips Memilih Mainan Anak Perempuan: Sesuaikan Usia dan Keamanan

mainan anak perempuan

Mainan Anak Perempuan – Setiap orang tua ingin yang terbaik untuk anaknya, termasuk ketika memilihkan si kecil mainan yang cocok.

Ada sejumlah pertimbangan ketika memilihkan mainan untuk anak. Pertimbangan tersebut di antaranya adalah terkait dengan usia, keamanan serta gender si kecil.

Usia, penting menjadi bahan pertimbangan karena menyesuaikan dengan apakah si kecil bisa memainkan mainan yang dibelikan oleh orang tua atau tidak.

Sedangkan keamanan, meliputi bagaimana bahan dibuat. Apakah bahan terbuat dari bahan yang aman, dan apakah ketika memainkan mainan tersebut anak akan baik-baik saja?

Sementara gender hal ini mempertimbangkan apakah mainan yang diberikan sudah sesuai dengan gendernya?

Berikut ini sejumlah ide mainan untuk anak perempuan:

 

1. Boneka

Anak perempuan manapun akan memiliki kecocokan bermain dengan boneka miliknya. Apalagi jika si kecil ternyata penonton setia animasi-animasi Disney. Mereka pasti akan menyukai bermain boneka barbie.

Bermain boneka juga akan membuat si kecil mengasah otaknya untuk berkembang karena ia akan menggunakan imajinasinya saat memainkan boneka.

Permainan ini juga mengajarkan pada mereka untuk berkreasi. Hal ini dilakukan contohnya saat mereka mencoba memasang-masangkan pakaian dan membuat pakaian barbienya seindah mungkin dengan berbagai peralatan di sekitarnya.

 

2. Masak-Masakan

Membelikan mainan untuk si kecil berupa mainan masak-masakan juga merupakan pilihan yang tepat. Mainan masak-masakan akan membantu si kecil mengenal berbagai peralatan dapur yang ada di rumah.

Selain itu permainan ini juga akan membantu mereka mengenal nama sayur dan buah-buahan serta mengenal peralatan masak.

Permainan ini juga mengajarkan kepada mereka untuk menyukai aktivitas memasak. Memasak adalah basic skill yang sudah sepantasnya dimiliki oleh siapapun. Karenanya menumbuhkan cinta memasak pada diri si kecil sejak dini tentunya akan membantu mereka lebih senang belajar ke depannya.

 

Baca juga: Permainan Tradisional Anak

 

3. Balok Lego

Permainan balok lego, meskipun biasanya lebih identik dengan anak laki-laki, namun permainan ini juga sangat cocok dimainkan oleh anak perempuan.

Ada banyak manfaat bermain permainan balok lego. Manfaat tersebut di antaranya adalah mengasah otak si kecil untuk bisa lebih berpikris kritis di masa depan.

Sebuah penelitian menunjukkan, anak-anak yang bermain dengan lego memiliki nilai yang mencengangkan dibandingkan mereka yang tidak.

Balok lego idealnya dimainkan anak berusia 7 tahun ke atas. Akan tetapi membelikan mereka mainan ini sejak usia si kecil juga bisa dilakukan oleh orang tua.

 

bermain lego

 

4. Makeup Kit

Anak perempuan biasanya akan menyukai bermain menggunakan makeup kit.

Hal ini karena anak perempuan umumnya menyukai aktifitas berdandan meskipun mereka masih kecil.

Umumnya makeup kit berisi bahan-bahan yang aman untuk anak karena kandungannya tidak seberat pada makeup dewasa.

Dengan makeup kit hal ini akan meningkatkan kreativitas, kepercayaan diri dan imajinasinya.

 

5. Alat Musik

Bermain alat musik memiliki banyak manfaat untuk si kecil. Mainan alat musik yang cocok untuk anak perempuan di antaranya adalah pianika, biola, keyboard, dan juga drum.

Jika anak masih terlalu dini, maka orang tua bisa mengenalkan alat musik berupa alat musik mainan untuknya.

Alat musik memiliki banyak manfaat untuk si kecil di antaranya adalah untuk tumbuh kembang si kecil, keterampilan, dan juga melatih kemampuan otaknya.

 

6. Dokter-Dokteran

Orang tua bisa membelikan si kecil peralatan dokter-dokteran. Alat main dokter-dokteran bisa membantu si kecil memahami mengenai profesi dokter.

Orang tua bisa sembari mengenalkan peralatan dokter-dokteran kepada buah hatinya mulai dari stetoskop, jarum suntik, alat pembuat serbuk obat dan peralatan lainnya.

Melalui permainan dokter-dokteran si kecil juga bisa belajar agar tak takut dengan dokter. Tau bahkan membuat si kecil bercita-cita menjadi dokter.

 

Baca juga: Penerbit Buku Anak Terbaik di Jogja

 

7. Puzzle

Selain lego, permainan anak cocok dimainkan oleh anak perempuan adalah puzzle. Orang tua bisa membelikan si kecil puzzle kemudian meminta si kecil untuk memainkannya.

Perlu diketahui, puzzle bisa membantu si kecil untuk mengasah kemampuan imajinasinya. Hal ini karena saat bermain puzzle si kecil akan mencoba mencocokkan puzzle dan mencoba merangkainya terlebih dahulu di dalam kepala.

Jika mencarikan puzzle untuk si kecil maka sesuaikan pilihan puzzle dengan tingkat kemampuannya. Orang tua bisa memilihkan puzzle yang besifat sederhana untuk anak yang masih kecil. Atau agak susah ketika si anak telah lebih dewasa.

Ketika ingin memberikan anak perempuannya puzzle maka orang tua bisa memilihkan puzzle dengan bentuk-bentuk yang menarik seperti gambar binatang, dinosaurus, dan lain sebagainya.

 

8. Bekelan

Permainan bekelan adalah mainan untuk anak perempuan yang baik diberikan saat si kecil telah menginjak usia SD. Ini adalah salah satu permainan tradisional yang sudah sejak dulu ada. Bermain bekelan yang diperlukan adalah bola bekel beserta biji keciknya.

Cara bermain bola bekel yakni pemain melemparkan bola sembari menyebar biji kecik. Selanjutnya peserta mengambil biji kecik sembari melempar dan menangkap bola dalam satu kali ketukan bola dengan lantai.

Bola bekel adalah permainan yang baik untuk si kecil karena bisa melatih sportifitas, selain itu permainan bola bekel juga bisa melatih kesabaran si kecil serta ketangkasannya.

Permainan bekelan juga baik untuk perkembangan saraf motorik anak.

Artikel Rekomendasi

Tinggalkan Balasan