10+1 Manfaat Membacakan Buku untuk Anak

Manfaat Membacakan Buku untuk Anak

Manfaat Membacakan Buku untuk Anak – Membacakan buku untuk anak memiliki sejumlah manfaat yang baik bagi tumbuh kembang si anak ke depannya.

Sayangnya, masih banyak orang tua berpikir membacakan buku untuk anak adalah kesia-siaan saja karena  menganggap si anak belum mengerti. Beberapa alasan lain, orang tua merasa mereka terlalu sibuk untuk melakukan itu.

Jika Anda adalah salah satu orang tua yang berpikiran demikian, sebaiknya Anda mulai mengubah pemikiran itu.

Ada baiknya Anda mulai menyisihkan waktu untuk membacakan cerita, dan mulai memilihkan buku yang tepat untuk mereka.

Misalnya, bagi anak yang masih bayi buku anak yang bisa dibacakan adalah yang lebih banyak gambar daripada teks.

Selain itu, saat membacakan buku untuk anak, Anda dapat menekankan kata-kata atau mengulangi membacakan beberapa kali agar mereka mudah mengingat kosakata atau pesan dalam buku.

Berikut ini 10 + 1 manfaat membacakan buku untuk anak:

1. Meningkatkan Ikatan Orang Tua-Anak

Saat Anda membacakan buku untuk anak, ikatan antara orang tua dan anak dapat terbangun sejak dini. Hal ini tentunya baik agar anak bisa dekat dengan orang tuanya hingga kelak mereka tumbuh semakin besar.

Selain itu, momen-momen membacakan cerita anak ini akan menjadi momen menyenangkan dan spesial yang akan diingat anak sampai dirinya dewasa.

Apalagi jika orang tuanya adalah penulis buku anak. Tentu akan semakin mengesankan ikatan itu, karena orang tuanya memiliki karya sendiri dan sang anak tentu akan sangat merasa spesial karena bisa menikmati karya orang tuanya sendiri.

Untuk lebih jelasnya, Anda bisa mempelajarinya pada artikel kami tentang Cara Menulis Buku Anak yang sudah kami susun sedemikian rupa.

2. Melatih Anak Gemar Membaca

Dengan membacakan buku untuk anak, maka orang tua telah mengajarkannya untuk melek literasi sejak dini. Biar pun mereka belum mengerti huruf sekalipun, secara perlahan mereka memahami bahwa membaca itu mengasyikkan.

Dengan begitu, saat dewasa nanti mereka akan tumbuh sebagai pecinta buku. Dan senang menghabiskan waktunya untuk membaca buku

3. Pengenalan Terhadap Huruf

Saat membacakan buku cerita anak, orang tua secara tidak langsung mengenalkan huruf kepada si anak. Mereka akan mulai terbiasa melihat bentuk huruf.

Hikmahnya tentu saja, saat sudah waktunya berlatih membaca mereka nantinya lebih cepat memiliki kemampuan itu dibandingkan anak lain yang tidak dibacakan cerita sejak dini.

Agar Anak Tertarik Membaca Buku

 

4. Mengenalkan Beragam Bentuk

Manfaat membacakan buku cerita untuk anak yang lain adalah pengenalan bentuk-bentuk kepada anak.

Tentunya ini dilakukan ketika kita membacakan buku anak yang memiliki gambar-gambr ilustrasi.

Karena itulah ada baiknya saat anak masih usia balita buku cerita untuk anak yang dibacakan adalah yang lebih banyak gambarnya.

5. Meningkatkan Imajinasi Mereka

Buku cerita dapat membantu anak-anak meningkatkan imajinasi mereka. Ketika imajinasi anak-anak berkembang, maka perkembangan otak pun juga akan berlangsung baik. Ini akan membantu mereka untuk menjadi lebih kreatif nantinya.

Sebagaimana diketahui, otak manusia mengalami fase perkembangan luar biasa saat anak-anak. Maka, buku anak sangat bagus dibacakan dalam tahap perkembangan ini. Apalagi buku-buku anak karya Andersen.

6. Mendidik Anak-Anak untuk Bertingkah Laku

Buku cerita anak kerap kali disipi pesan moral yang dapat dipetik. Dengan membacakan buku cerita, kita bisa memperlihatkan bagaimana mereka harus bersikap ke orang tua, teman, alam, maupun binatang.

Kita juga dapat menjelaskan secara mudah mengenai apa saja yang baik dan yang buruk untuk dilakukan.

7. Mengajarkan Anak dalam Mengatasi Suatu Masalah

Saat kita membacakan buku untuk anak, secara tak langsung kita menunjukkan kepada mereka tentang beragamnya dunia. Keragaman tersebut termasuk adanya ragam masalah pada tiap individu yang bisa ditunjukkan dari adanya beberapa kisah yang berbeda-beda dari tiap buku yang kita bacakan.

Secara tidak langsung kita mengajarkan kepada mereka penyelesaian masalah yang mungkin akan mereka temui ketika semakin bertambah usia nanti.

8. Mempelajari Emosi

Si kecil dapat mempelajari emosi saat orang tua membacakan buku cerita. Mereka dapat mempelajari emosi itu dari bagaimana orang tua berkespresi dan berbicara saat membacakan karakter maupun sikap tokoh dalam cerita.

Sehingga mereka yang belum terlalu paham dengan emosi seseorang akan mulai mampu mengenali emosi saat sedih, marah, senang dan sebagainya dari perbedaan suara.

9. Membuat Mereka Gembira

Saat si kecil dibacakan buku cerita anak mereka akan merasa gembira dan disayangi. Hal ini karena mereka bisa lebih dekat dengan orang tua. Serta melihat bagaimana orang tuanya meluangkan waktunya untuk mereka.

Dampaknya tentu saja akan membantu meningkatkan rasa gembira mereka. Bagi anak-anak yang telah mulai sekolah, membacakan buku cerita untuk mereka, juga menjadi hiburan tersendiri. Mereka yang mungkin lelah dengan tugas dan membaca buku pelajaran akan merasa lebih rileks saat dibacakan buku cerita.

10. Meningkatkan Pengetahuan

Buku adalah jendela dunia. Begitu kata peribahasa. Hal tersebut tentunya benar adanya. Melalui buku anak-anak dapat meliha banyak hal yang ada di dunia tanpa perlu mereka mengalaminya dulu. Selain itu, melalui buku kita dapat meningkatkan pengetahuan mereka terkait banyak hal.

11. Membuat Mereka Cepat Bicara

Ini berlaku bagi orang tua yang membacakan cerita untuk bayi mereka. Meskipun si bayi belum mengerti, akan tetapi mereka akan merekam kosakata-kosakata baru  yang mereka dengar dari buku cerita. Nantinya mereka akan lebih cepat bisa berbicara karena telah terbiasa mendengar kosakata baru.


Demikian pembahasan mengenai Manfaat Membacakan Buku untuk Anak. Semoga artikel ini bisa membantu Anda untuk sadar diri bahwa membacakan buku untuk si buah hati sangat penting dan dapat menjadikan Anda sebagai orang tua menjadi memiliki ikatan yang kuat kepada sang anak dan juga si anak itu sendiri memiliki beragam manfaat yang didapatkan sesuai dengan apa yang sudah kami paparkan di atas.

Artikel Rekomendasi

2 Komentar

  1. […] 10 Manfaat Mengenalkan Anak dengan Buku September 1, 2020 10 + 1 Manfaat Membacakan Buku untuk Anak September 1, 2020 Cara Menyalurkan Hobi sebagai […]

  2. […] di Indonesia September 1, 2020 10 Manfaat Mengenalkan Anak dengan Buku September 1, 2020 10 + 1 Manfaat Membacakan Buku untuk Anak September 1, 2020 Cara Menyalurkan Hobi sebagai […]

Tinggalkan Balasan