9+1 Manfaat Mengenalkan Anak dengan Buku

Manfaat Mengenalkan Anak dengan Buku

Manfaat Mengenalkan Anak dengan Buku – Ada beragam manfaat mengenalkan anak dengan buku. Sebagaimana peribahasa yang ada, buku adalah jendela dunia. Karena itu, ketika orang tua mengenalkan buku pada anak, hal itu seperti membukakan kunci jendela bagi si anak agar ia bisa pelan-pelan membuka sendiri jendelanya untuk mulai melihat dunia.

Mengenalkan anak dengan buku, dapat dimulai dengan cara membacakan mereka cerita yang ada pada buku …

… atau dengan menunjukkan gambar-gambar yang ada pada buku, atau sekadar memperlihatkan aktivitas orang tua yang tengah sibuk menikmati kegiatan membaca buku.

Lebih lengkapnya, berikut ini manfaat mengenalkan anak dengan buku:

1. Mengajarkan kepada Mereka untuk Suka dengan Buku

Dengan mengenalkan anak pada buku, anak  akan mulai belajar untuk suka dengan buku. Sejak dini mereka akan mulai mengerti bahwa buku bukanlah benda asing, akan tetapi sebuah benda yang di dalamnya akan memberi mereka banyak pengetahuan.

Kebiasaan membaca pada anak tidak bisa dilakukan secara instan, namun harus dibiasakan sejak dini dan pastinya dimulai dari lingkungan keluarga.

Saat mereka sudah mulai kenal maka bukan tak mungkin nantinya semakin  bertambah usia dan saat anak mulai bisa membaca mereka akan mulai membuka-buka sendiri buku tanpa perlu diminta karena membaca sudah menjadi bagian dari kebiasaannya.

2. Mempercepat Kemampuan Anak dalam Membaca

Saat anak diperkenalkan dengan buku sejak dini, otak mereka akan mulai mengenali huruf, dan terbiasa untuk melihatnya. Ini bisa menjadi sarana pembelajaran mereka. Sehingga nantinya saat mulai belajar membaca, mereka lebih cepat bisa.

Apabila Anda kesulitan untuk menumbuhkan minat baca anak, pembahasan mengenai Cara Menumbuhkan Minat Baca Anak, sudah kami bahas. Silakan klik pada tautan tersebut untuk melihat postingannya.

3. Membantu Perkembangan Otak

Mulai mengenalkan anak dengan buku akan membantu  otak mereka berkembang lebih baik. Sebagaimana diketahui pada usia anak-anak menjadi masa emas perkembangan otak mereka.

Buku dapat merangsang perkembangan otak dan membantu mereka berpikir kreatif. Ini karena banyak membaca buku, imajinasi mereka akan lebih banyak berkembang.

4. Memperbanyak Kosakata Anak

Bagi anak yang diperkenalkan pada buku sejak masih kecil, umumnya mereka memiliki kosakata yang kaya dibandingkan dengan anak-anak yang lain. Mengetahui banyak kosakata bermanfaat dalam proses mereka belajar berbicara.

Apalagi ketika membacakan buku bilingual, kosakata mereka akan kaya. Hasilnya mereka lebih baik dalam berbicara sesuai bahasa yang diajarkan kepada mereka melalui buku.

Maka tak perlu heran ketika anak-anak yang diajarkan bahasa bilingual mereka lebih memiliki kemampuan mempelajari banyak bahasa saat dewasa nanti.

5. Melatih Emosi

Anak-anak umumnya belum terlalu pandai membedakan emosi. Melalui buku yang diperkenalkan pada mereka, anak-anak dapat mempelajari berbagai macam emosi. Termasuk suara yang diperdengarkan kepada mereka saat membaca buku.

Suara-suara itu akan membantu mereka mempelajari bagaimana emosi diperdengarkan melalui suara.

6. Membantu Mereka Mudah Memahami Apa yang Mereka Baca

Membaca merupakan ilmu dasar yang diajarkan dan sangat diperlukan dalam proses belajar mengajar saat anak sudah masuk usia sekolah.

Seorang anak yang sejak dini sudah diperkenalkan dengan buku, biasanya nilai akademisnya lebih baik. Hal ini salah satunya karena mereka sejak dini sudah diajarkan bagaimana memahami sebuah tulisan yang mereka baca.

Sehingga saat sudah mulai masuk jenjang sekolah mereka lebih mudah menangkap pelajaran dari buku-buku yang mereka baca dan lebih mampu memahami soal yang diberikan.

Manfaat Mengenalkan Anak dengan Buku

7. Memberikan Kedekatan Orang Tua dan Anak

Saat orang tua mengenalkan buku pada anak, ini memberikan kesempatan bagi keduanya untuk lebih dekat. Momen-momen dimana orang tua membacakan buku pada anak akan membuat anak merasa disayang dan diperhatikan.

Maka hubungan anak dan orang tua cenderung berlangsung baik. Manfaatnya tentu  saja, saat mulai semakin dewasa anak akan mudah mendengarkan apa yang diperintahkan orang tua dan tidak menjadi anak yang pembangkang.

Karena itulah, sesibuk apa pun luangkan setidaknya sedikit waktu dalam sehari untuk membacakan buku cerita pada mereka. Masa anak-anak adalah masa emas yang tak akan terulang kembali.

8. Mengenalkan Anak pada Aktivitas Positif

Semakin bertambah usia, anak akan mulai bertemu banyak orang. Di situ mereka akan melihat beragam aktifitas yang dapat mereka lakukan dalam keseharian.

Saat orang tua mengenalkan buku pada anak mereka akan memiliki pilihan aktivitas yang cukup menarik untuk mereka lakukan yakni membaca. Sehingga nantinya anak tak mudah mengikuti aktivitas-aktivitas yang tidak baik.

9. Mengenalkan Anak pada Berbagai Karakter Manusia

Saat membacakan cerita pada si kecil kita sekaligus mengenalkan mereka ragam karakter manusia yang baik dan buruk. Ini sekaligus bisa jadi saat yang baik untuk menanamkan nilai-nilai postif dari pembelajaran karakter-karakter tokoh. Dan menunjukkan pada mereka bahwa karakter mereka yang jahat tidak pantas untuk dicontoh.

10. Membantu Menjawab Rasa Penasaran Anak

Saat anak-anak mulai bertambah usianya, akan semakin banyak rasa penasaran dalam diri mereka. Kalau orang tua tak pandai menjelaskan, rentan bagi anak salah memahami penjelasan orang tua mereka.

Manfaat memperkenalkan buku pada anak salah satunya adalah ini, membantu  para orang tua menjelaskan pada anak mengenai berbagai hal yang membuat mereka penasaran.


Demikian pembahasan mengenai manfaat mengenalkan anak dengan buku. Untuk lebih jauh mengenai pembahasan tentang dunia penulisan buku anak, silakan membaca Cara Menulis Buku Anak yang sudah kami susun sedetail dan sekreatif mungkin sehingga bisa Anda baca dan praktikkan.

Selamat berkarya!

Artikel Rekomendasi

4 Komentar

  1. […] Negeri September 1, 2020 10 Penulis Buku Anak Inspiratif di Indonesia September 1, 2020 10 Manfaat Mengenalkan Anak dengan Buku September 1, 2020 10 + 1 Manfaat Membacakan Buku […]

  2. […] Negeri September 1, 2020 10 Penulis Buku Anak Inspiratif di Indonesia September 1, 2020 10 Manfaat Mengenalkan Anak dengan Buku September 1, 2020 10 + 1 Manfaat Membacakan Buku […]

Tinggalkan Balasan