manfaat menulis

1+1 Manfaat Menulis yang Harus Anda Ketahui!

Manfaat Menulis – Menulis sebetulnya merupakan pekerjaan yang betul-betul mudah, semudah kita ketika berbicara dengan orang lain.

Menulis menjadi aktivitas yang terasa begitu sulit tersebab karena kita merasa ada aturan-aturan yang membebani pikiran dan terlalu takut melanggar teknis-teknis menulis yang diajarkan oleh para mentor.

Padahal, kalau kita telisik lebih jauh, aturan-aturan menulis yang tadinya bermaksud membuat seseorang menjadi penulis yang bisa melahirkan karya bagus, justru pada akhirnya membunuh kreativitas si penulis itu sendiri …

… sehingga tanpa disadari telah membelenggu pikiran-pikiran yang sejatinya bisa terbebas dari cengkeraman dan bisa melahirkan karya nyata, justru yang terjadi sebaliknya.

 

Pada hakikatnya, menulis memang mudah. Ya bagaimana nggak mudah, wong seharusnya menulis itu sama saja dengan ketika kita berbicara kepada teman, sahabat, keluarga, atau orang-orang terdekat kita.

Seharusnya mengalir, tanpa belenggu, dan tanpa takut kenapa-kenapa. Bedanaya, jika berbicara menggunakan lisan, menulis menggunakan jemari kita.

Coba kita ingat lagi ketika kita masih kecil ….

Setiap menjelang tidur, orang tua kita menceritakan sebuah dongeng indah. Kita bahkan tak tahu cerita itu berasal dari mana. Akan tetapi, kita begitu saksama dalam mendengarkan cerita tersebut. Kita terbuai, dan terasa begitu nyaman.

Hingga kantuk pun menyerang, lalu kita tertidur lelap ….

…. dan kisah dongeng pun terbawa dalam buaian mimpi-mimpi indah.

Dongeng sebelum tidur yang diceritakan oleh orang tua kita biasanya didapatkan secara turun-temurun. Dari orang tuanya, orang tuanya dari orang tuanya lagi, begitu seterusnya.

Bahkan, bisa saja yang terjadi adalah kisah tersebut tak lagi otentik. Tak lagi seperti sebagaimana awal mula kisah itu tercipta.

Namun yang pasti, kisah itu tetap saja memiliki pesan moral yang sama, yakni tentang kebaikan melawan kejahatan.

Menulis pun pada prinsipnya hampir sama dengan bercerita, hanya perbedaannya terletak pada media penyampaiannya. Kalau bercerita menggunakan mulut, maka menulis menggunakan tangan.

Kalau bercerita mewujudkann suara yang di dengar oleh telinga, sedangkan menulis mewujudkann tulisan bagi dibaca.

Jadi, yang membuatnya terasa begitu sulit, pasti ketakutan-ketakutan diri untuk berkespresi dan mengeluarkan segala kreativitas yang ada di dalam diri kita.

 

Keunggulan Menulis

Penyebaran ilmu bisa menggunakan dua cara, yang pertama secara lisan (disampaikan lantas melalui mulut) dan yang kedua melalui tulisan.

Kelemahan menyampaikan pesan melalui lisan merupakan karena sering terjadi kesalahan dalam penyampaian informasi akibat faktor kelalaian (lupa).

Sedangkan menyampaikan pesan melalui tulisan umumnya mempunyai beberapa keunggulan, di antaranya:

  • informasi bisa terjaga karena dijadikan secara hati-hati
  • telah dikoreksi sebelumnya dari pelbagai kesalahan.

Di samping itu, melalui tulisan akan lebih banyak orang yang dapat mempelajarinya, sehingga tentu saja dapat menambah amalan kita.

Sebagai orang tua, seharusnya kita memiliki kemampuan dan keterampilan dalam menulis.

Mengapa demikian?

manfaat menulis

1. Menulis Dapat Meningkatkan Kecerdasan Kita

Pada dasarnya, menulis tentunya memerlukan bahan, di antaranya dengan membiasakan diri membaca beraneka sumber, seperti: internet, artikel di berbagai website, koran, beragam jenis buku, bahkan juga majalah.

Bahan tulisan bisa saja bersumber dari pengalaman sehari-hari, semisal saja kita punya pengalaman cara mendidik anak yang tadinya nakal sehingga menjadi anak yang baik. Atau, kita mendengar cerita dari teman kita bagaimana dia mengatasi anaknya yang hampir terjerumus narkoba.

Nah, segala sumber tadi, kemudian masuk ke dalam otak kita untuk kemudian kita peras dan olah menjadi sebuah karya baru berupa tulisan dengan nyawa dan cara penuturan yang baru ala kita.

Kemudian, karya tersebut bisa dibaca banyak orang dan menjadi sarana kita untuk berbagi pengalaman dan juga ilmu pengetahuan yang bermanfaat.

2. Menjadi Obat Stres

Manfaat menulis selanjutnya adalah menulis bisa menjadi obat stres, loh. Coba deh perhatikan. Orang yang pendiam, biasanya sering menyimpan dalam hati mengenai pelbagai hal yang menyangkut perasaannya. Ia tak terbiasa mengutarakan perasaannya kepada orang lain secara lisan.

Kalau dibiarkan, hal ini sebenarnya lama-lama bisa menjadi sebuah penyakit.

Padahal, ada satu solusi yang praktis dan bisa dilakukan oleh siapa saja, yakni menulis.

Kok bisa menulis dapat mengobati stres dan mencegah penyakit kejiwaan?

Jelas, karena dengan melakukan kegiatan menulis, kita dapat mengeluarkan uneg-uneg yang terpendam dan sulit untuk diucapkan atau dikeluarkan dengan kata-kata.

Lewat tulisan yang cenderung mengarah ke curhat tersebut, tulisan akan mengalir dengan deras karena benar-benar keluar dari dalam diri sendiri tanpa ada tekanan apa pun. Semuanya tertuang ke atas kertas secara jernih dan tanpa ketakutan.

Dengan menulis pikiran kita menjadi tenang dan beban yang ada di dalam batin menjadi berkurang.

Itulah mengapa, ketika kita terlanda kestresan yang mengurai jiwa, jadikanlah pena sebagai sahabat dan kertas sebagai kerabat.


Itulah tadi beberapa manfaat menulis yang bisa Anda peroleh ketika Anda berani untuk merutinkan diri menulis. Untuk panduan lebih lengkapnya, Anda bisa belajar mengenai Cara Menulis Buku Anak. Silakan dibaca pada tautan tersebut, ya!

Selamat berkarya!

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *