10+1 Tips Penting Ketika Memilih Bacaan untuk Anak

memilih buku bacaan untuk anak

Memilih Bacaan untuk Anak – Ada begitu banyak manfaat yang didapat seseorang dari membaca. Mulai dari pengetahuan yang semakin meningkat, sarana hiburan, kemampuan memecahkan masalah, dan masih banyak lagi lainnya.

Sayangnya, minat baca seseoraang tidaklah serta merta jadi.  Minat membaca buku harus dibangun sejak seseorang tersebut masih berusia kanak.

Karena itulah, apabila orang tua menginginkan anaknya menjadi generasi yang melek literasi, maka orang tua harus mengajarkan mereka gemar membaca sejak dini.

Salah satu caranya tentu saja dengan membacakan mereka cerita, atau membelikan mereka buku.

Namun saat membelikan si kecil buku, ada baiknya orang tua mempertimbangkan sejumlah hal yang harus diperhatikan saat membelikan buku untuk anak:

 

1. Sesuaikan Umur

Ketika membeli buku untuk anak maka salah satu yang harus dipertimbangkan adalah usia mereka. Hal ini karena usia setiap anak mempengaruhi pemahaman mereka kepada buku. Saat buku yang dibelikan untuk si kecil sesuai dengan usianya, maka mudah bagi anak untuk mengerti isi buku.

Semisal saat anak usia di bawah 6 bulan, maka orang tua bisa membelikan mereka buku dengan tema-tema ringan, banyak gambar, bertekstur serta terbuat dari bahan yang tidak mudah rusak seperti misalnya kain.

Kemudian nanti untuk anak di usia di atasnya, orang tua bisa membelikan mereka buku dengan cerita ringan namun dengan kosa kata yang lebih banyak dari sebelumnya. Pada usia-usia di bawah 3 tahun, anak biasanya menyukai cerita-cerita tentang hewan atau tokoh-tokoh unik yang jarang mereka temui.

Pada usia ini orang tua bisa pula memilihkan buku mengenai kehidupan sehari-hari atau hal-hal yang akan mereka temui di sekitar untuk memperbarui perbendaharaan katanya.

 

2. Pilih Buku yang Disukai

Orang tua sebaiknya mempertimbangkan agar si kecil memilih buku apa yang ia sukai. Saat berencana membelikan si kecil buku, orang tua bisa meminta si kecil untuk menunjuk yang manakah buku yang ia inginkan. Meskipun si kecil memilih tanpa tahu isinya, namun umumnya ia akan memilih berdasarkan cover yang menarik.

Tugas orang tua adalah memastikan apakah isi buku memang sesuai untuk anak. Jika iya, maka orang tua bisa membelikannya, dan biarkan si kecil bersemangat membaca buku yang membuat ia penasaran.

 

anak membaca buku

 

3. Pahami Minat dan Bakat Mereka

Adalah hal baik apabila orang tua memahami apa yang menjadi keahlian si kecil sejak dini. Dengan begitu orang tua bisa mengasah minat bakat si kecil sejak dini sehingga ketika dewasa mereka menjadi ahli.

Jika sudah paham apa minat dan bakat anak, maka orang tua bisa memilihkan buku yang sesuai dengan minat dan bakat tersebut.

 

4. Pilihkan Buku yang Nilai Moralnya Sesuai

Melalui buku, orang tua bisa mencontohkan penerapan nilai-nilai moral dalam kehidupan. Karena itulah apabila orang tua ingin menyampaikan suatu pesan terhadap anak, mereka dapat memulainya dengan mencarikan buku untuk si kecil yang kandungan isi di dalamnya memiliki pesan moral demikian.

Karena itu, sebelum membelikan mereka buku, ada baiknya orang tua membaca dahulu sinopsis buku yang akan mereka beli.

 

5. Interaktif

Untuk anak yang masih balita buku-buku yang interaktif penting untuk mereka.

Buku yang interaktif penting untuk menstimulasi perkembangannya. Orang tua bisa memilihkan mereka buku yang memiliki suara ketika disentuh, atau mereka juga bisa memilihkan buku yang bertekstur ketika dipegang.

 

6. Carilah Buku dari Bahan yang Awet

Tips memilih bacaan untuk anak selanjutnya adalah da baiknya orang tua memilihkan anak-anak buku yang dijilid kuat dan terbuat dari kertas yang tidak mudah lecek.

Hal ini penting supaya buku tidak rusak saat si kecil membacanya setiap hari.

Buku yang terbuat dari karton tebal, kain atau plastik merupakan pilihan yang tepat untuk si kecil.

 

membacakan buku untuk anak

 

7. Jadikan Buku sebagai Mainan Anak

Tips memilih bacaan untuk anak selanjutnya adalah dalam memilihkan buku maka pertimbangkan apakah buku layak untuk sekaligus dijadikan mainan anak. Ini utamanya bagi anak yang masih berusia 0-6 bulan.

Pemilihan buku untuk dijadikan mainan ini selain buku terbuat dari bahan yang awet sebagaimana disampaikan di atas, ini juga berkaitan dengan bentuk buku dan ukuran yang tidak membahayakan si kecil.

Pilihlah buku yang tidak memiliki sisi-sisi lancip atau tidak terlalu tebal. Karena jika buku demikian jatuh menimpa muka si kecil misalnya, itu bisa sangat menyakitkannya.

 

Baca Juga: Penerbit Buku Anak Jogja Berkualitas

 

8. Pilihlah Buku yang Memungkinkan Anda Menjadi Pendongeng yang Penuh Ekspresi

Saat memilih buku anak untuk kategori buku cerita, Anda bisa memilihkan buku yang membuat Anda sangat mungkin bercerita penuh ekspresi.

Buku ini biasanya memiliki ilustrasi gambar yang besar dengan sedikit teks dan berupa kisah bahagia.

Ekspresi orang tua dalam membacakan dongeng si kecil penting untuk mengenalkannya mengenai emosi dan membuatnya bersemangat untuk menyimak.

 

9. Buat Sendiri

Saat orang tua bingung memilihkan buku untuk anak, maka orang tua bisa sesekali mencoba menciptakan sendiri buku untuk si kecil.

Caranya adalah dengan mengumpulkan kertas warna-warni, potongan majalah, atau dengan menggambar dan menulis karyanya sendiri.

Orang tua bisa membuat buku semacam itu bersama dan biarkan ia menjadi ilustratornya.

Ini akan membuat si kecil bahagia, bahkan bisa jadi ini adalah pijakan untuknya sukses di masa depan karna terbiasa dilatih kreatif sejak dini.

 

10. Pilihkan Buku yang Pernah Anak Dengarkan Sebelumnya

Orang tua bisa memilihkan buku yang pernah ia dengar sebelumnya entah dari film, dari cerita orang tua atau dari berbagai hal yang mereka temui.

Sehingga ketika ia mendapatkan buku itu ia akan berkata, “Oh ini buku yang pernah diceritakan kakak,” atau “Oh ini, aku pernah dengar cerita semacam ini”

Dengan cara ini, si kecil akan bersemangat dalam membaca.

 

11. Pilihlah Buku dari Pengarang yang Buku Sebelumnya Disukai Si Kecil

Tips memilih bacaan untuk anak selanjutnya adalah orang tua dapat memilihkan buku untuk anaknya buku ciptaan pengarang yang sama dengan buku yang ia sukai sebelumnya.

Dengan demikian, orang tua bisa mengatakan kepada mereka, “Ini buku yang bikin sama kayak buku favorit kamu,”.

Artikel Rekomendasi

Tinggalkan Balasan