Memilih Mainan untuk Anak Laki-Laki? Ini 7 Tips Lengkapnya!

memilih mainan untuk anak laki-laki

Memilih Mainan untuk Anak Laki-Laki – Mainan adalah hal yang akan membuat si kecil senang. Sebagai orang tua tentunya, kita ingin memberikan yang terbaik untuk mereka. Termasuk ketika memilihkan mainan.

Namun perlu diingat, mainan yang baik bukan berarti mainan tersebut harus memiliki harga yang mahal. Mainan yang baik bukan perkara harga, namun perkara sudah tepatkah mainan itu untuk si kecil sesuai dengan dirinya.

Sejumlah hal harus dipertimbangkan saat memilih mainan untuk buah hati, yakni pertimbangan tersebut terkait jenis kelamin, usia dan sebagainya.

Hal ini supaya fungsi mainan optimal, tak hanya menghibur namun juga mendukung tumbuh kembangnya. Baca juga: Mainan Anak Perempuan.

Untuk orang tua yang saat ini bingung memilihkan mainan terbaik untuk anaknya, berikut ini mainan untuk anak laki-laki:

 

1. Mobil-Mobilan

Mainan mobil-mobilan dapat menstimulasi system motorik halus si kecil supaya bisa berkembang dengan baik. Hal ini karena saat si kecil diperkenalkan mobil yang sederhana sekalipun mereka akan berupaya menggerakkan mobil itu.

Maianan mobil juga akan membuat si kecil mengembangkan imajinasinya baik mobil remot maupun mobil manual biasa.

Saat orang tua mendampingi buah hatinya bermain mobil-mobilan, orang tua bisa sembari menerangkan pada si kecil mengenai bagian-bagian dari mobil beserta fungsinya seperti roda, kaca dan lampu.

Untuk anak yang sudah agak besar orang tua bisa membelikan mereka mainan mobil yang bisa dikendarai, atau sekedar mengajaknya ke wahana permainan yang menyediakan mobil mainan ini. Hal ini bisa membantu ia menguasai sistem gerak dan koordinasi antara tangan, kaki, dan mata

 

2. Puzzle

Permainan puzzle juga bisa diberikan kepada si kecil laki-laki sebagai alternatif mainan indoor. Puzzle akan membantu si kecil melatih daya pikirnya. Selain itu puzzle akan membantunya untuk berpikir kreatif dan berupaya mencari solusi.

Tahapan pengenalan awal puzzle bisa dengan bentuk yang mudah dan sederhana. Baru seiring berjaalannnya waktu ditambah dengan tingkatan yang semakin tinggi.

Bermain puzzle juga bisa melatih kesabaran si kecil dan melatih pengendalian dirinya saat puzzle tak kunjung tersusun dengan rapi. Selain itu permainan ini ketika dimainkan dengan orang tua maka akan meningkatkan ikatan batin antara orang tua dan anak.

 

3. Yoyo

Permainan yoyo adalah permainan selanjutnya yang sangat pas dimainkan oleh anak laki-laki. Yoyo memiliki bentuk seperti cakram yang saling digabung. Bagian tengah yoyo diberi tali putih yang merupakan tali untuk digulung.

Cara bermain yoyo cukup mudah, yakni ujung tali yoyo diikatkan pada satu jari sambil memegang yoyo tersebut kemudian yoyo dilempar dengan gerakan yang mulus. Setelahnya yoyo sedikit dipantulkan hingga bisa kembali tergulung ke atas.

Ada sejumlah manfaat dari bermain yoyo untuk si kecil. Di antaranya adalah si kecil bisa mengoptimalkan keseimbangan otak kanan dan kirinya, memperkuat konsentrasinya dan meningkatkan kemampuan logikanya.

Permainan yoyo juga melatih koordinasi antara mata, tangan, konsentrasi, kreativitas dan ketangkasan.

 

mainan anak laki

 

4. Alat Musik Mainan

Memilih mainan untuk anak laki-laki selanjutnya adalah alat musik. Orang tua bisa mengenalkan si kecil mengenai musik melalui alat-alat musik mainan. Adanya bunyi-bunyian bisa mengasah kemampuan indera pendengaran si kecil. Ritme dan irama musik juga akan membantu si kecil memahami nada dasar sederhana.

Selain itu si kecil juga semakin mengasah motoriknya dengan memainkan alat musik mainannya baik dengan cara dipukul maupun dipencet.

Alat musik sederhana ini juga akan membantu si kecil untuk mulai menyukai musik. Siapa tahu ini akan menjadi pondasi diri si kecil dalam menemukan bakatnya suatu hari.

Saat si kecil sudah semakin besar, baru orang tua bisa memberikan alat-alat musik yang lebih baik. Sekaligus mengajari mereka cara bermain musik yang benar.

 

5. Bola

Memilih mainan untuk anak laki-laki selanjutnya adalah bola. Membelikan bola untuk dijadikan mainan bagi anak laki-laki adalah pilihan yang tepat. Orang tua bisa membelikan mereka bola agar anak-anak bisa bermain sekaligus menggerakkan badannya.

Jenis-jenis bola yang bisa dibelikan untuk dijadikan mainan anak laki-laki di antaranya adalah bola basket, bola untuk sepak bola dan sebagainya.

Selain menyehatkan, mengenalkan si kecil pada olahraga juga membantu mereka untuk bersikap sportif. Selain itu juga mengajarkan si kecil untuk bekerjasama dengan rekannya.

 

Baca juga: Penerbit Buku Anak di Jogja

 

6. Sepeda

Memilih mainan untuk anak laki-laki selanjutnya adalah sepeda. Sepeda bisa menjadi mainan anak laki-laki yang akan sangat berguna untuknya. Kenalkan sepeda sejak dini, tentunya dengan menyesuaikan perkembangan usia si kecil.

Ketika masih balita, orang tua bisa membelikan mereka sepeda dorong atau kayuh yang aman untuk si kecil.

Sepeda pada anak-anak ini bisa bermanfaat menenangkan si kecil sembari mengajaknya jalan-jalan tanpa perlu membuat orang tua capek menggendong.

Adapun ketika anak sudah SD orang tua bisa membelikan mereka sepeda dimulai dari yang ukuran kecil dengan dilengkapi roda pelindung di sisi kanan kirinya.

Nantinya jika sudah bertambah besar, roda pelindung bisa dilepas sehingga si kecil bisa mulai belajar memakai sepeda dua roda.

Anak-anak yang bisa menggunakan sepeda onthel biasanya lebih bisa mengendarai sepeda motor saat mereka dewasa nanti karena mereka sudah terbiasa menyeimbangkan diri memakai sepeda onthel.

 

7. Robot-Robotan

Mainan robot-robotan adalah salah satu mainan favorit anak laki-laki. Bahkan para penggemar robot ada yang menyukainya hingga mereka dewasa.

Mainan robot biasannya disediakan dalam berbagai macam bentuk dan ukuran mulai dari yang mini hingga yang besar.

Bermain robot-robotan bisa mengembangkan imajinasi si kecil dan mengasah kreatifitasnya. Mainan robot juga melatih kesabaran serta fokus si kecil.

Hal ini karena ketika si kecil merangkai robotnya mereka mau tidak mau harus fokus dan sabat agar robotnya bisa jadi.

 

Artikel Rekomendasi

Tinggalkan Balasan