Wawancara Penulis Buku Anak: Norma Keisya Avicenna

Penulis Buku Anak Norma Keisya Avicenna

Narasumber kita kali ini adalah Norma Keisya Avicenna, salah seorang penulis produktif dengan berbagai genre. Bahkan, ia juga sudah menulis beberapa buku anak. Nah, kita akan mengulik apa saja yang menjadi perhatiannya dalam dunia literasi buku anak dan apa saja idealisme sebagai seorang penulis buku anak.

Selamat menyimak.

Gimana Rasanya Menjadi Penulis Buku Anak?

Rasanya seru sekali. Karena saat proses menulis kita seolah-olah menyelami dunia anak-anak, kita hadir dalam kehidupan mereka secara utuh dan penuh, mencurahkan segenap hati dan pikiran untuk mencipta karya yang lekat dengan dunia mereka.

Cerita fiksi  maupun nonfiksi merupakan buku yang bermanfaat untuk menambah wawasan anak, karena dengan membaca buku, anak akan mendapatkan kesenangan tersendiri.

 

Seberapa Penting Kualitas Penulis Buku Anak?

Sangat penting. Karena bacaan untuk anak-anak dapat menjadi pijakan mereka untuk menumbuhkan kebiasaan positif berikutnya di dunia literasi, salah satunya menulis.

Buku yang berkualitas untuk-anak adalah buku yang tidak sekadar berfungsi rekreatif saja, namun mampu mengasah aspek kognitif, memperkaya emosi, menambah khazanah pengetahuan, dan memberikan segudang manfaat namun dikemas dengan cara yang asik.

 

Masa anak-anak adalah masa ingin tahu tentang segala sesuatu. Minat anak terhadap hal-hal yang belum diketahuinya sangat tinggi, karena itu anak sering mengajukan pertanyaan tentang segala hal yang diamatinya.

Kelebihan anak-anak adalah tidak pernah “kuwalahan” apabila diberi informasi sebanyak apa pun. Sedangkan kekurangan orang dewasa adalah sering “kelabakan” dalam menjawab pertanyaan anak.

Seorang anak juga ingin mengetahui apa saja yang dapat dijangkau pikirannya. Anak-anak bahkan ada yang suka mendengarkan orang dewasa yang sedang berbicara, kadang mereka juga mencoba ikut terlibat dalam pembicaraan orang dewasa.

Selain butuh informasi anak juga butuh pengakuan, dan penghargaan.

Berbagai keperluan tersebut, terutama keperluan akan informasi, harus diupayakan untuk dipenuhi agar pengetahuan dan wawasan anak semakin bertambah seiring dengan bertambahnya usia. Pemuasan rasa ingin tahu anak dapat dipenuhi lewat bacaan atau pun dalam bentuk cerita.

 

Siapa Sih yang Pantas Menjadi Penulis Buku Anak?

Siapa saja yang selalu semangat dan bertekad untuk terus belajar dan dekat dengan dunia anak-anak.

 

Apa Penerbit Buku Anak Favoritmu?

BIP-Gramedia, Tiga Serangkai, Ziyad, Indiva, Kiddo, Naura, Aqwam (Zain), dan masih banyak lagi.

 

Baca Juga: Penerbit Buku Anak Paling Berkualitas di Indonesia

 

Ceritakan Bagaimana Proses Kreatifmu dalam Menulis Buku Anak ….

Mengikuti alur standar penulisan pada umumnya dengan teknik: prewriting, drafting, revising, editing, dan publishing.

Awalnya saya akan menentukan tema dan merumuskan ide. Tak lupa menetapkan terlebih dulu siapa target pembaca tulisan saya. Lalu melakukan riset untuk tulisan yang akan saya buat.

Selanjutnya, menyusun storyboard atau kerangka tulisan.

Cerita fiksi anak merupakan cerita yang berdasarkan imajinatif dan memberikan keunikan tersendiri, karena dalam cerita tersebut terdapat unsur-unsur yang membedakannya dengan yang lain, yaitu unsur intrinsik dan ekstrinsik.

Unsur fiksi yang termasuk dalam unsur intrinsik misalnya adalah tokoh dan penokohan, alur, dialog, berbagai peristiwa yang membentuknya, latar, sudut pandang, dll, biasanya untuk melengkapi unsur tersebut saya akan melakukan riset terlebih dahulu baik riset pustaka, wawancara, observasi langsung, dan banyak lagi.

Walaupun imajinatif, cerita anak tetap harus logis dan khas dunia anak-anak. Terkadang setelah cerita yang saya buat selesai saya akan meminta anak-anak untuk membaca dan saya gali respons mereka dari apa yang telah mereka baca itu.

 

Apa Saja Buku Anak yang Sudah Kamu Tulis?

  • Impian yang Selalu Jadi Nyata (Penerbit Tropica, 2010)
  • Awal dari Seorang Peneliti (Penerbit Tropica, 2010)
  • Perang Dunia II (Penerbit Tropica, 2011)
  • Pesona Ratu Balqis (Penerbit Tropica, 2011)
  • Tanaman Obat di Bumi Nusantara (Penerbit Tropica, 2011)
  • Adat Pengantin di Indonesia (Penerbit Tropica, 2011)
  • Danau di Indonesia (Penerbit Tropica, 2011)
  • Antologi Fabel Liburan Sekolah (Pejuang Literasi, 2019)
  • Kisah Seru Kucing Lucu (Lingkar Media, 2020)
  • Kelinci Rajin Bangun Pagi (Lingkar Media, 2020)
  • Kriuk… Kriuk… Krauk! (Lingkar Media, 2020)
  • Kuas Pelangi Si Semut (Lingkar Media, 2020)
  • Mobil-Mobilan Harimau (Lingkar Media, 2020)
  • Persahabatan Istimewa Kerbau dan Jalak (Lingkar Media, 2020)
  • Pesta Meriah Jerapah (Lingkar Media, 2020)
  • Rubah Ingin Berubah (Lingkar Media, 2020)
  • Saat Beruang Mengantre Panjang (Lingkar Media, 2020)
  • Saat Lebah Sendirian di Rumah (Lingkar Media, 2020)
  • Sepatu Impian Panda (Lingkar Media, 2020)
  • Rumah Impian Tupai (Lingkar Media, 2020)

 

Berapa Lama Biasanya Menulis Satu Buku Anak?

Tergantung dengan kesiapan materi. Ada yang 1 judul dalam 1 hari jadi. Ada yang butuh waktu sebulan dalam menyelesaikan 1 judul.

Hehehe …

Banyak faktor internal dan eksternal, sih.

Penulis Buku Anak Norma Keisya Avicenna

Kesulitan Apa yang Dialami Ketika Menulis Buku Anak?

Awalnya saya kesulitan dalam membuat kalimat yang singkat, jelas, padat, dan efektif, terutama saat menulis pictorial book untuk anak PAUD-TK atau anak kelas rendah.

Namun, seiring jam terbang, kesulitan itu dapat teratasi dengan banyak membaca karya penulis-penulis yang sudah banyak menghasilkan buku-buku anak berkualitas.

Tentu saja, juga harus banyak berlatih.

 

Dari Mana Biasanya Mendapatkan Ide Ketika Menulis Buku Anak?

Kebanyakan dari aktivitas membaca buku, merenung, jalan-jalan, dan mengamati aktivitas anak-anak.

 

Apa Peran Penting Editor bagi Seorang Penulis Buku Anak?

Berdasarkan hasil diskusi saya dengan salah satu editor buku anak, Mbak Diah Cmut, peran editor sangat penting. Mungkin kebanyakan penulis buku anak belum bisa menyusun cerita anak dengan bahasa yang sesuai untuk usia yang dituju. Masih ada unsur ‘logika dewasa’ dalam menulis ceritanya.

Nah, seperti halnya penulis lain, semua naskah membutuhkan mata lain untuk membaca, memahami, dan menelaah naskah itu sebelum dijadikan buku yang diminati pasar. Dan inilah tugas penting editor.

Selain typo, susunan cerita, bahasa, pesan moral, target pasar, fitur tambahan dalam  buku anak, hingga besaran royalti menjadi pertimbangan editor dalam penerbitan buku anak.

 

Apa Harapan Kamu untuk Dunia Penerbitan Buku Anak di Indonesia?

  • Buku anak Indonesia makin berkembang dan sesuai usianya.
  • Penulis buku anak lebih paham dunia anak.
  • Ilustrator buku anak mendapat tempat yang layak di mata pembaca dan penerbit. Selama ini mereka menjual putus karyanya. Padahal di luar negeri, mereka dianggap setara dengan penulis dan mendapat royalti.

 

Apa Saja Judul Buku Anak Favoritmu? Mengapa Kamu Menyukainya?

Kalau karya pengarang luar negeri saya suka semua judul buku karya Enid Blyton. Karya Enid Blyton sangat memperkaya ruang imajinasi masa kecil saya. Ceritanya sangat membekas, kebanyakan bertema petualangan dan pemecahan sebuah misteri, dengan penggambaran deskripsi yang detail dan bangunan narasi yang kokoh sehingga saya turut hanyut dalam alur cerita yang dibuat.

Kalau karya pengarang Indonesia, saya suka serial Keo & Noaki karya Kak Ary Nilandari. Ini novel anak versi komplit dengan menghadirkan tokoh-tokoh anak yang unik, punya ciri khas masing-masing, penggambaran setting yang kuat, juga konflik yang memukau.

Bahkan, serial Keo & Noaki 1-6 ini mampu menjadi pembelajaran tersendiri untuk anak-anak terutama usia pre-teen dalam rangka persiapan memasuki masa puber dan balig.

 

Siapa Penulis Buku Anak favoritmu? Mengapa?

Untuk penulis luar negeri ada JK Rowling, Enid Blyton, Roadl Dahl, Hans Christian Andersen. Alasannya sih karena karya-karya mereka sangat memukau, detail, dengan alur yang tak terlupakan.

Sedangkan untuk penulis Indonesia, ada Ary Nilandari, Clara Ng, Watiek Ideo, Dian Kristiani. Alasannya, tentu saja karena mereka mampu menghasilkan buku-buku bacaan anak yang berkualitas, dengan segala unsur cerita yang khas dengan dunia anak-anak. Dari karya mereka, saya banyak belajar hal keren tentang dunia kepenulisan bacaan anak.

 

Kalau Kamu Berkesempatan untuk Memiliki Penerbitan Buku Anak Sendiri, Apa yang Akan Kamu Lakukan?

  • Meriset apa yang dibutuhkan oleh anak-anak di era digital seperti saat ini.
  • Ketika harus menerbitkan buku dalam bentuk cetak mungkin buku-buku dengan konsep AR (Augmented Reality) menjadi salah satu pilihan karena itu cukup menarik untuk anak-anak zaman sekarang. Tentu saja disesuaikan dengan level usia.
  • Tidak menutup kemungkinan buku dalam model cetak seperti sponge book, boardbook, pop up book, dll masih laku di pasaran. Jadi harus kreatif dari segi konten maupun pengemasannya.

 

Pesan untuk Para Penulis Pemula agar Menjadi Penulis Buku Anak yang Memiliki Kualitas dan Kekhasan?

Manusia hidup dibekali rasa ingin tahu terhadap segala sesuatu yang dapat di pandang sebagai misteri tentang dunia, termasuk di dalamnya misteri tentang kehidupan.

Misteri tentang kehidupan inilah yang banyak diangkat ke dalam cerita fiksi, baik fiksi anak maupun fiksi dewasa. Dengan membaca dan menikmati cerita fiksi, tidak saja anak-anak, kita memperoleh kenikmatan cerita dan pemenuhan rasa ingin tahu, melainkan juga secara tidak langsung belajar tentang kehidupan, kehidupan yang sengaja dikreasi dan didialogkan  kepada anak-anak kita.

Kenikmatan kebutuhan batiniah tersebut yang oleh Aristoteles disebut sebagai katarsis, antara lain diperoleh lewat terpenuhinya sebagian harapan kita tentang alur cerita, misalnya dimenangkannya tokoh baik dan sebaliknya dihukumnya tokoh jahat. Hal itu akan menyebabkan anak-anak maupun kita sendiri merasa lega dan puas.

Jadi, untuk menjadi seorang penulis bacaan anak, hal pertama yang harus dilakukan adalah memurnikan niat untuk totalitas terjun di dunia penulisan bacaan anak, lalu memperkaya diri dengan belajar seperti membaca buku-buku anak, mengikuti kelas-kelas belajar menulis cerita anak, dan tentu saja banyak berlatih.

Artikel Rekomendasi

Tinggalkan Balasan