Penulis Buku Anak Inspiratif di Luar Negeri

19+1 Penulis Buku Anak Inspiratif Indonesia & Luar Negeri

Penulis Buku Anak Inspiratif di Luar Negeri – Menjadi penulis buku anak bukanlah profesi yang sepele. Terbukti, terdapat sejumlah sosok penulis buku anak yang mendunia berkat karya-karyanya.

Buku anak sendiri merupakan salah satu buku yang pas diberikan kepada anak-anak supaya mereka memiliki kegemaran membaca dan bisa belajar banyak hal dengan bahasa yang mudah diterima sesuai usia mereka.

Tak banyak penulis buku anak yang karyanya bisa dikenal banyak khalayak, akan tetapi para penulis buku anak inspiratif ini membuktikan bahwa penulis buku anak pun memiliki kesempatan sama dengan penulis lain untuk sukses.

Bahkan, tak sedikit dari mereka yang menjadi milyuner lewat karyanya dan terus dikenang hingga mereka meninggal.

 

A. Penulis Buku Anak Inspiratif di Luar Negeri

Berikut ini daftar penulis buku anak inspiratif di luar negeri:

1. J.K. Rowling

Siapa yang tak kenal dengan penulis satu ini. J.K. Rowling adalah salah satu bukti bahwa buku anak dapat begitu menggemparkan dunia. Karya fenomenal J.K Rowling adalah serial novel Harry Potter.

harry potter

Harry Potter yang menceritakan tentang  kisah Harry yang rupanya sosok keturunan penyihir ini mendunia seja terbit pertama kali tahun 1997. Meski sudah selesai, akan tetapi para penggemar Harry Potter bahkan masih terus menunggu kelanjutan novel tersebut hingga sekarang.

2. S. Lewis

The Chronicles of Narnia

Penulis buku satu ini adalah pengarang di balik kisah fenomenal The Chronicles of Narnia. Buku tersebut hingga kini telah terjual lebih dari 100 juta kopi di seluruh dunia dan diterjemahkan ke dalam 47 bahasa.

Kisah Narnia juga telah diangkat ke layar lebar dan mendapat banyak sambutan positif.

3. David Walliams

Gangsta Granny

Sosok penulis buku anak ini cukup inspiratif. Berkat buku-buku yang ia tulis dirinya bahkan pada 2017 tercatat mencetak angka penjualan buku sejumlah Rp 295 miliar.

David dikenal dengan buku-bukunya yang berjudul The Boy in Dress, Mr. Stink, Ratburger, Gangsta Granny, dan Awful Auntie.

4. J.R.R. Tolkien

Siapa yang tak kenal dengan karya penulis buku anak satu ini. The Hobbit dan The Lord of The Rings adalah dua karyanya yang spektakuler di dunia.

Selain sebagai seorang penulis, rupanya Tolkien adalah seorang profesor Bahasa Inggris di Universitas Leeds, dan pernah pula menjadi profesor Bahasa Anglo-Saxon di Universitas Oxford. Buku-bukunya sendiri dierbitkan setelah sosoknya meninggal dunia.

Meski telah banyak penulis fantasi sebelum kehadirannya, akan tetapi Tolkien dianggap menemukan genre tersendiri yang kemudian banyak menginspirasi penulis lain mengikuti jejaknya.

5. Lewis Carroll

Alice Adventures in Wonderland

Lewis Carroll adalah sosok di balik tenarnya cerita anak Alice Adventures in Wonderland. Cerita anak yang ditulis pada tahun 1865 tersebut masih populer hingga hari ini. Pada tahun 1871 sekuel dongeng tersebut diterbitkan dengan judul The Hunting of The Snark.

Tak hanya sebagai penulis, Lewis juga merupakan seorang fotografer, dan juga seorang matematikawan.

6. Hans Christian Andersen

Andersen books

Penulis buku anak ini karyanya dikenal oleh banyak generasi. Jika ingat dengan kisah-kisah berjudul Itik Buruk Rupa, Gadis Penjual Korek Api, The Little Mermaid, dongeng-dongeng tersebut adalah ciptaannya.

Bahkan, dongeng-dongeng karyanya telah diterbitkan ke dalam 125 bahasa. Kisah-kisah itu sendiri ditulis sejak tahun 1800-an. Tanggal lahirnya yakni 2 April 1805 bahkan diabadikan sebagai Hari Buku Anak Sedunia.

7. Enid Blyton

Enid Blyton book

Jika Anda mengenal buku cerita anak Lima Sekawan tentunya tak asing lagi dengan nama Enid Blyton. Dialah sosok di balik buku yang terkenal sejak abad ke 20 dan masih banyak dibaca hingga sekarang.

Karya-karyanya telah banyak diterjemahkan hingga 90 bahasa dunia. Setidaknya di setiap belahan dunia manapun, karyanya telah terjual lebih dari 600 juta eksemplar.

8. R.L. Stine

Goosebumps

Penulis buku anak dengan nama lengkap Robert Lawrence Stine tersebut kerap dijuluki sebagai Stephen King-nya sastra anak. Karya dari R.L. Stine ini salah satu yang terkenal adalah Goosebumps yang merupakan buku tentang misteri.

Goosebumps setidaknya memiliki 62 seri buku yang diterbitkan sejak tahun 1992 hingga 1997. Buku tersebut telah terjual hingga lebih dari 300 juta buku di dunia.

9. Frank Baum

The Wonderful Wizard of Oz

Penulis buku anak inspiratif selanjutnya adalah Frank Baum. Penulis tersebut telah menulis setidaknya 55 novel, 200-an naskah drama dan 82 cerpen. Karyanya yang paling terkenal adalah novel perjalanan Dorothy di atas bata kuning.

Novel berjudul  The Wonderful Wizard of Oz (1900) tersebut dua tahun pertamanya saja sudah terjual mencapai 90.000 eksemplar. Seri novel tersebut setidaknya ada 14 seri yang ia tulis mulai tahun 1900-1920.

10. A.A. Milne

winnie the pooh aa milne

Penulis buku anak inspiratif selanjutnya adalah Alan Alexander Milne yang meninggal tahun 1956 adalah penulis buku anak terkenal dari Inggris. Ia dikenal dunia berkat buku-bukunya tentang Teddy Bear Winnie-the-Pooh.

Winnie the Pooh sendiri terbit pada tahun 1926. Cerita tersebut terinspirasi saat melihat putranya bermain-main dengan para boneka kesayangannya. Boneka favorit mereka sendiri adalah boneka beruang bernama Pooh. Petualangan Pooh telah difilmkan oleh Disney dan menjadi salah satu film yang cukup sukses.

 

B. Penulis Buku Anak Inspiratif di Indonesia

Ada sejumlah penulis buku anak Indonesia yang telah malang melintang di dunia penulisan. Karya-karya mereka tak bisa dipandang remeh. Pasalnya, bukan lagi satu dua buku, beberapa penulis bahkan mampu menghasilkan buku anak mencapai ratusan.

Para penulis buku anak Indonesia ini cukup menginspirasi utamanya bagi yang ingin serius mengikuti jejak mereka sebagai penulis buku anak.

Berikut 10 penulis buku anak Indonesia yang inspiratif yang bisa kamu jadikan role model dalam berkarya:

1. Ali Muakhir

Sosok Ali Muakhir adalah salah satu penulis buku anak Indonesia yang karyanya cukup banyak. Ali setidaknya telah menulis lebih dari 333 judul buku anak dan remaja.

Bahkan, cukup banyak bukunya yang dicetak ulang hingga puluhan kali. Beberapa karya Ali di antaranya adalah Serial Cerita Balita, Aku Anak Shaleh, Princess Jihan, Si Olin, dan sebagainya.

2. Iwok Abqary

Penulis buku anak inspiratif selanjutnya adalah Iwok Abqary. Sosok Iwok hingga kini telah melahirkan puluhan buku anak dan remaja.

Beberapa buku anak karya Iwok Abqary di antaranya adalah novel Sepeda Ontel Kinanti. Selain itu ada pula Gokil School Musical yang merupakan karyanya bersama Oben Cedric.

3. Renny Yaniar

Sosok Renny Yaniar adalah salah satu penulis buku anak inspiratif. Dirinya cukup produktif sebagai penulis cerita anak. Setidaknya ia telah menulis hingga mencapai 250 cerita anak dalam bentuk cerpen, dongeng cergam dan komik anak.

Ia juga telah menghasilkan sebanyak 31 buku cerita anak. Salah satu buku anak karyanya adalah Lautan Susu Cokelat yang pernah memenangi penghargaan Adikarya Ikapi.

4. Clara Ng

Sosok penulis buku anak Indonesia yang cukup inspiratif lainnya adalah Clara Regina Juana atau yang banyak dikenal dengan Clara Ng. Ia telah banyak menghasilkan beragam novel dan cerita anak.

Walau lebih dikenal sebagai penulis cerita anak, Akan tetapi, sosoknya juga dikenal sebagai penulis buku beragam genre. Mengutip dari laman Kemendikbud, tujuan Clara menulis cerita anak-anak adalah untuk membangkitkan rasa empati kepada anak-anak.

Ia juga mengaku sengaja menciptakan nama-nama karakter yang mudah diingat anak-anak agar penyampainnya mudah terima. Tiga buah cerita anak yang ia ciptakan yang berhasil memenangi penghargaan Adhikarya dan Ikatan Penerbit Indonesia (IKAPI) di antaranya: Rambut Pascal, Warna Pelangi dan Jangan Bilang Siapa-Siapa.

 

5. Arleen Amidjaja

Penulis buku anak Indonesia satu ini terjun sebagai penulis buku anak karena merasa kesulitan menemukan buku anak yang menurutnya baik. Ia saat itu ingin anaknya yang berusia 3 tahun diberi bacaan buku-buku bilingual, Inggris-Indonesia, akan tetapi ternyata tak banyak.

Sebagai penulis buku anak, Arleen tak hanya menerbitkan buku anaknya di Indonesia akan tetapi juga di luar negeri seperti Malaysia. Buku seri buatan Arleen di antaranya adalah  Little Lily’s Big Adventure, Aaron & The Magic Apple.

6. Ary Nilandari

Sumber: sikancil.org

Sosok Ary Nilandari adalah salah satu penulis buku anak inspiratif. Ia setidaknya telah menerbitkan sebanyak 50 buku anak.

Beberapa karya sempat mendapat penghargaan nasional. Di tingkat internasional pun dirinya mendapatkan sejumlah pernghargaan.

7. Yovita Siswati

Sebagai penulis buku anak, Yovita telah menulis lebih dari 60 buku cerita bergambar dan 10 novel anak. Salah satu novel Yovita yakni Misteri Kota Tua masuk dalam daftar karya terpuji oleh International Board on Book for Young People tahun 2016.

 

Baca Juga: Cara Menyalurkan Hobi sebagai Penulis Buku Anak

 

Pada tahun 2019 Yovita sempat dinominasikan sebagai Author of The Year dalam Red Pen Award sebagai penulis fiksi misteri. Karyanya Misteri Harta Berdarah juga masuk dalam nominasi karya fiksi misteri terbaik untuk kategori fiksi anak.

8. Dian Kristiani

Sosok penulis satu ini telah melahirkan setidaknya 50 buku cerita anak-anak. Selain itu, cerpen dan banyak dongengnya telah banyak dimuat di majalah anak-anak berskala nasional.

Beberapa bukunya di antaranya Fabel Anak Shaleh, Komik Akhlak Al-Qur’an dan sebagainya.

Sumber: diankrist.blogspot.com

9. Rae Sita Patappa

Rae banyak menulis tentang cerita dongeng. Penulis buku anak Indonesia ini setidaknya telah melahirkan 21 buku dan banyak cerita anak yang terbit di media cetak.

Beberapa buku dongeng yang pernah ia tulis di antaranya adalah: kumpulan dongeng Kisah Sepuluh Bintang Kecil (Pijar Publishing, 2007), Dongeng Zir Penyihir Sisir (Pustaka Ola, 2010),  pictorial book Princess Jihan (Inti Medina, 2010) seri Kalimat Thoyyibah sebanyak 6 buku, Princess Zodiak (Tiga Serangkai, 2010).

10. Watiek Ideo

Penulis buku anak inspiratif ini merupakan perempuan kelahiran Jawa Timur. Sampai saat ini Watiek setidaknya telah menghasilkan sebanyak 160 judul buku anak.

Beberapa karya Watiek di antaranya adalah Jangan Panik dan Jangan Buka Buku Ini. Sebagai lulusan psikologi tak mengherankan ketika dirinya memilih fokus pada pendidikan karakter anak. Menurutnya, cerita anak, buku anak merupakan pondasi bagi anak untuk mencintai buku.


Daftar di atas adalah daftar penulis buku anak inspiratif di luar negeri yang bisa kamu jadikan role model atau untuk membangkitkan semangatmu lagi dalam berkarya. Untuk menjadi seorang penulis buku anak, kamu bisa mengulik rahasinya di artikel Cara Menulis Buku Anak.

Selamat berkarya!

1 komentar untuk “19+1 Penulis Buku Anak Inspiratif Indonesia & Luar Negeri”

  1. Ping-kembali: 10 Cara Menjadi Penulis Buku Anak » Penerbit Buku Anak

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *