7 Permainan Anak Laki-Laki yang Bagus untuk Perkembangannya

Permainan Anak Laki-Laki

Permainan Anak Laki-Laki – Memisahkan anak dari gadget bisa dilakukan salah satunya dengan cara mengajak anak melakukan berbagai permainan.

Ada banyak ide melakukan permainan dengan anak. Untuk Anda orang tua yang saat ini bingung memilihkan permainan untuk anak, beriut ini sejumlah ide permainan yang cocok untuk dimainkan oleh anak laki-laki.

Permainan anak laki-laki berikut memiliki banyak manfaat ketika dimainkan. Di antaranya membuat anak lebih sehat karena jadi rajin bergerak, selain itu juga membantu anak untuk melatih kognitifnya, serta melatihnya berpikir cepat dan sebagainya. Baca juga postingan kami tentang: Mainan Anak Perempuan.

Berikut ini sejumlah permainan anak laki-laki yang cocok dimainkan oleh si kecil:

 

1. Kelereng

Permainan kelereng atau yang sering disebut gundu, adalah salah satu permainan yang cocok dimainkan anak laki-laki.

Permainan kelereng cocok dimainkan oleh anak laki-laki dengan usia minimal 6 tahun.

Bermain kelereng biasanya dilakukan oleh beberapa orang. Untuk memainkannya bisa dilakukan di atas tanah atau permukaan tanah yang tidak licin.

Cara bermainnya adalah pemain meletakkan masing-masing kelerengnya di atas tanah. Selanjutnya, setiap peserta akan berusaha menembak kelereng target. Nantinya jika kelereng target tertembak maka kelereng tersebut akan menjadi milik pemain.

Adapun cara menembak kelereng tersebut adalah dengan menyentil kelereng menggunakan tangan.

Bermain kelereng bermanfaat untuk melatih kemampuan motorik si kecil. Selain itu bermain kelereng juga akan melatih visual dan konsentrasi anak dengan baik.

Kemampuan anak terkait ketrampilan kognitif juga akan meningkat saat bermain kelereng.

 

2. Main Lempar/Tangkap Bola

Permainan lempar tangkap bola ini merupakan kegiatan fisik untuk anak yang cukup menyehatkan sekaligus menggembirakan.

Permainan ini bisa dilakukan menggunakan bola kasti. Nantinya satu orang akan bertugas untuk melemparkan bola. Sementara yang lain harus menangkap bola tersebut.

Nantnya pelempar ataupun penangkap bisa berganti peran. Saat bermain ingatkan si kecil untuk tidak melempar bola terlalu keras karena bisa mengakibatkan anggota tubuh yang terkena menjadi fatal.

Manfaat lempar tangkap bola ini adalah memperkuat otot tangan dan kaki. Nantinya saat melakukan kegiatan tersebut maka sang pelempar juga akan berlari. Hal ini akan membantu si kecil untuk bergerak aktif dan membantu kakinya menjadi lebih kuat.

Permainan ini juga akan membantu melatih konsentrasi si kecil. Pasalnya saat bola dilempar dia akan berlari dan memusatkan perhatiannya untuk mendapatkan bola.

Manfaat permainan ini akan membuat kerja anggota tubuh menjadi lebih selaras.

 

3. Bermain Layang-Layang

Permainan mengasyikkan lain yang cocok untuk anak laki-laki adalah bermain layang-layang.

Permainan ini pada zaman dahulu cukup populer namun seiring berjalannya waktu, ketersediaan lahan luas menjadi sangat susah apalagi di kawasan perkotaan sehingga semakin sedikit anak laki-laki yang bisa bermain layang-layang.

Padahal ada begitu banyak manfaat bermain layang-layang. Selain membuat hati menjadi gembira karena permainan layang-layang begitu seru, permainan ini juga bermanfaat untuk kesehatan buah hati.

Saat bermain layang-layang tubuh jadi bergerak karena harus menggerakkan tali sambil sesekali perlu berlari.

Selain itu bermain layang-layang juga akan membantu meningkatkan kreatifitas si kecil ketika mereka membuat layang-layang sendiri.

Yang perlu diperhatikan, benang layangan cukup tajam sehingga sebaiknya anak-anak menggunakan pelindung tangan saat bermain.

 

daftar Permainan Anak Laki-Laki

 

4. Sepak Bola

Bermain sepak bola adalah permainan yang cocok untuk dimainkan oleh anak laki-laki.

Salah satu manfaat dari bermain bola adalah melatih kemampuan motorik anak.

Saat bermain, ketrampilan kaki anak bisa terlatih. Selain itu ketrampilan tangan juga akan terlatih saat ia melempar atau memukul bola.

Untuk bermain sepak bola, tidak melulu saklek harus membuat tim kesebelasan. Untuk permainan ringan sekedar mengisi waktu bisa dimainkan tiga orang saja antara dua orang anak dan ayahnya.

Berman bola dengan anak bisa memperkuat kedekatan orang tua dan anaknya.

 

5. Sepeda

Bermain sepeda adalah salah satu permainan yang akan menyehatkan badan.

Ajaklah buah hati bersepeda  mengelilingi kompleks. Dengan bermain sepeda manfaat yang akan didapat di antaranya adalah sistem motorik anak akan terlatih karena si kecil belajar mengayuh dan mengendalikan stang sepeda.

Selain itu, bermain sepeda juga akan melatih konsentrasi, keseimbangan dan mengenal arah.

Sepeda juga bermanfaat untuk membuat si kecil menjadi lebih aktif bergerak.

 

Baca juga: Penerbit Buku Anak Paling Sukses di Indonesia

 

6. Puzzle

Permainan lain yang cocok untuk anak laki-laki adalah bermain puzzle.

Permainan puzzle akan mengasah otak jagoan kecil supaya lebih berkembang.

Puzzle juga akan melatih koordinasi mata dan tangan. Selain itu, melalui permainan puzzle anak-anak juga akan belajar menjadi lebh sabar, konsentrasi dan pantang menyerah.

Saat akan bermain puzzle sesuaikan puzzle yang akan dimainkan dengan usia si kecil.

 

7. Mobil-Mobilan

Anak laki-laki pasti menyukai bermain mobil-mobilan. Pemainan ini akan semakin seru ketika si kecil juga mulai bermain mobil-mobilan dengan kawan-kawannya.

Ada banyak manfaat bermain mobil-mobilan ini, di antaranya adalah melatih imajinasinya, dan kemampuannya bermain strategi terutama jika permainan mobil-mobilan dibuat model pertandingan.

Permainan mobil-mobilan yang lain adalah menggunakan mobil-mobilan kecil yang bisa dinaiki. Menggunakan mobil-mobilan yang bisa dinaiki ini juga akan melatih kekuatan kaki dan tangan si kecil karena mereka berusaha mengendalikan mobil.

Artikel Rekomendasi

Tinggalkan Balasan